5 jembatan tertinggi di dunia

Sebuah jembatan biasanya digunakan sebagai perlintasan kendaraan maupun tempat orang berjalan kaki. Namun, bisakah aden & enon membayangkan jika ada sebuah jembatan dengan panjang dan tinggi mencapai ratusan hingga ribuan meter

Pastinya kalian akan sangat takjub dengan bentuk jembatan itu. Di dunia ini, sejumlah negara memiliki jembatan yang di desain khusus dengan tingkat panjang, lebar, dan ketinggian yang cukup wow.

Saking tinggi dan panjangnya, jembatan-jembatan tersebut bisa menghubungkan antara kota satu dengan kota lainnya. Wah, hebat bukan!

Dilansir berbagai sumber, Kamis (26/03), inilah 5 jembatan tertinggi di dunia versi JadiBerita.

1. Verrazano Narrows Bridge

Verrazano Narrows Bridge
Verrazano Narrows Bridge

Verrazano Narrows Bridge merupakan salah satu jembatan tertinggi di dunia. Tak tanggung-tanggung, jembatan yang menghubungkan Borough Staten Island dan Brooklyn di New York City the Narrows ini punya bentangan tengah yang berukuran panjang mencapai 4.260 kaki (1,298 m). Saking panjangnya. jembatan ini bisa dengan gampang kamu lihat dari beberapa daerah di New Jersey, misalnya Laurence Harbor di Old Bridge Township. Nama jembatan ini diambil dari seorang penjelajah Italia, Giovanni da Verrazzano yang kala itu memasuki kawasan New York Harbor dan Sungai Hudson, serta perairan the Narrows.

2. New River Gorge Bridge

New River Gorge Bridge
New River Gorge Bridge

Selanjutnya, jembatan yang terletak di Amerika ini juga termasuk jembatan tertinggi di muka bumi. New River Gorge Bridge memiliki ketinggian 267 meter di atas sebuah sungai yang juga bernama sama yaitu New River. Setiap harinya, jembatan baja itu kerap digunakan sebagai jalur perlintasan mobil. Lebih dari 17.000 mobil berlalu lalang di jembatan tersebut. Selain dipakai sebagai perlintasan kendaraan roda empat, New River Gorge Bridge kini digunakan sebagai lokasi olahraga Extreem Rappelling atau base jumping pada waktu Fayette County Festival.

3. Royal Gorge Bridge

Royal Gorge Bridge
Royal Gorge Bridge

Tak mau kalah, Amerika Serikat (AS) juga punya sebuah jembatan yang diklaim paling tinggi sedunia. Jembatan bernama Royal Gorge Bridge berketinggian sekitar 321 Meter di atas Sungai Arkansas. Jembatan yang berada tepat di Canon City, Colorado, AS ini memiliki panjang 384 meter, lebar 5 meter dan lebar dari menara yang tingginya 46 meter. Hebatnya, Royal Gorge Bridge sudah resmi masuk dalam Daftar Nasional Tempat Bersejarah dan dibangun untuk tujuan pariwisata.

4. Golden Gate Bridge

Golden Gate Bridge
Golden Gate Bridge

Golden Gate Bridge pun merupakan salah satu jembatan tertinggi di jagat raya. Jembatan yang menghubungkan Jazirah San Francisco Utara dengan wilayah Kabupaten Marin selatan ini memiliki panjang 2.727 m, jarak antara menara sekitar 1.280 m, dan ketinggian mencapai 230 m di atas permukaan air. Jembatan dengan menara warna merah ini berlokasi di Golden Gate, sebuah bukaan dari Samudra Pasifik ke Teluk San Francisco.

5. Le Pont De Normandie

Le Pont De Normandie
Le Pont De Normandie

Le Pont De Normandie pun berhasil masuk dalam kategori jembatan tertinggi di dunia. Jembatan yang dibuat oleh arsitek François Doyelle dan Charles Lavigne ini mempunyai panjang mencapai 2143.21 m (856 m antara 2 tiang). Le Pont De Normandie membentang luas di sungai Seine yang menghubungkan Le Havre dengan Honfleur di Normandia, Perancis Utara. Uniknya, jembatan ini memiliki pilon dari beton yang berbentuk huruf Y terbalik. Jembatan ini pun memiliki jalan raya selebar 23.60 m yang terbagi menjadi 4 lajur untuk lalu lintas dan 2 untuk pejalan kaki.

(nha)