Komedian Olga Syahputra meninggal dunia di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura pada Jumat Petang pekan lalu setelah berbulan-bulan berjuang melawan penyakit meningitis.

Beberapa lama kemudian muncul sebuah foto beberapa dokter sedang membungkukkan badan, menghormati seorang jenazah yang diduga Olga Syahputra.

Foto itu diunggah di akun @abangbily pada Sabtu, 28 Maret 2015, disertai cuitan: “Penghormatan terakhir dokter RS Mount Elizabeth untuk Kak Olga.”

Benarkah demikian? Tidak.

Olga Syahputra (Twitter)
Olga Syahputra (Twitter)

Menurut laporan yang dimuat WTSP.com, jenazah yang sedang dihormati itu adalah Liang Yaoyi. Anak berumur 11 tahun itu memutuskan menyumbangkan organ tubuhnya sebelum meninggal akibat kanker otak pada 6 Juni 2014. Pada foto itu terlihat tim medis yang mengenakan seragam operasi berwarna hijau tengah membungkukkan tubuh ke jenazah Liang.

Kepada The Huffington Post, ibu Liang mengungkapkan alasan anaknya mendonorkan organ tubuhnya. “Mereka hebat dan saya juga ingin menjadi akan yang hebat,” ujar sang ibu menirukan Liang kepada Daily China.

Setelah kematian Liang, dokter berhasil melakukan transplantasi ginjal dan hati Liang kepada pasien lain. Namun, sebelum melakukan transplantasi, tim medis berbaris di samping tubuh Liang dan membungkukkan badannya. Di gambar itu, tampak ibunya menangis menyaksikan penghormatan itu.