5 film bertema kuliner

Kebanyakan, para sineas kerap membuat film bergenre horor, cinta, atau komedi. Masih sedikit pula sineas yang berani keluar dari tema umum itu dan membuat film bertema kuliner.

Padahal, film yang berkisah tentang dunia kuliner sangat menarik untuk dijabarkan jalan cerita. Bahkan, para penonton yang nantinya melihat film ini akan berburu kuliner yang dikisahkan dalam film tersebut.

Apalagi jika mereka tahu bahwa makanan itu bercita rasa enak. Di Indonesia sendiri baru ada beberapa film yang mengangkat soal cerita makanan. Berikut 5 film yang berkisah tentang kuliner, seperti yang dihimpun JadiBerita, Selasa (31/03/2015)

1. Tabula Rasa (2014)

Tabula Rasa
Tabula Rasa

Tabula Rasa adalah sebuah film yang dirilis tahun 2014 dengan mengangkat kisah tentang kuliner khas Minang. Hebatnya, film ini menjadi karya pertama yang menceritakan tentang masakan Tanah Air. Tabula Rasa bercerita tentang Hans (Jimmy Kobogau), seorang remaja asal Serui, Papua yang menjadi juru masak di sebuah restoran Padang. Kehadiran Hans menjadi juru masak pun ada campur tangan dari pemilik restoran yakni Mak (Dewi Irawan). Tabula Rasa mempopulerkan makanan Padang yang sudah ternama Rendang dan Ayam Pop.

2. Madre (2013)

Madre
Madre

Madre adalah film arahan Dewi Lestari yang berkisah mengenai peselancar bernama Tansen (Vino G. Bastian) yang mendapatkan kisah masa lalu keluarganya melalui sebuah biang roti bernama Madre. Tansen pun mendapat warisan Madre si biang roti dan sebuah toko roti Tan de Bakker. Awalnya, Tansen sama sekali tidak minat dengan dunia roti. Tapi saat ia bertemu dengan Hadi (Didi Petet), hidupnya menjadi berubah. Dengan tekun, Tansen belajar seni membuat roti putih klasik dari Hadi.

3. Julie & Julia (2009)

Julie & julia
Julie & julia

Julie & Julia pun masuk sebagai film terbaik tentang dunia kuliner. Film yang dirilis tahun 2009 ini berkisah tentang kehidupan seorang juru masak, Julia Child (Meryl Streep) dan wanita asal New York, Julie Powell (Amy Adams). Powell memiliki obsesi untuk memasak seluruh resep yang berada dibuku resep makanan untuk anak-anak selama 365 hari. Alhasil, Powell pun menulis cerita tentang obsesinya dalam sebuah blog. Siapa sangka? Tulisan Powell diterbitkan oleh The New York Times setelah para jurnalis, agen penerbitan, dan Julia Child membaca cerita yang dituliskannya.

4. Tampopo (1985)

Tampopo
Tampopo

Tampopo juga berhasil mencatatkan namanya sebagai film dengan cerita kulinernya. Tampopo mengangkat masakan ramen sebagai cerita dalam filmnya. Goro (Tsutomu Yamazaki), supir truk yang menyelamatkan seorang anak laki-laki bernama Tabo yang sedang dipukuli oleh kawan sekolahnya. Ternyata, Tabo adalah anak Tampopo (Nobuko Miyamoto) seorang janda pemilik restoran ramen yang Goro kunjungi. Singkat cerita, Tampopo dan Goro melakukan penelitian tentang membuat ramen yang sempurna dan membuka restoran ramen terbaik.

5. Jiro Dreams of Sushi (2011)

Jiro Dreams of Sushi
Jiro Dreams of Sushi

Film di peringkat lima yang berkisah tentang dunia kuliner adalah Jiro Dreams of Sushi. Film ini menceritakan tentang Jiro Ono, pemilik restoran bernama Sukiyabashi Jiro. Restoran yang berada di Tokyo ini pernah didatangi oleh presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Tak hanya itu, restoran ini pun dapat penghargaan berupa tiga bintang Michelin lantaran prestasi Jiro dalam membuat sushi yang sempurna.

(nha)