Cosplay adalah istilah bahasa Inggris yang berasal dari gabungan kata costume dan play. Di Jepang, Cosplay merupakan hobi mengenakan tiruan pakaian lengkap beserta rias wajah tokoh animasi, manga, dongeng, musisi idola, atau film kartun. Di Indonesia sendiri juga sudah banyak orang yang gemar melakukan cosplay ketika datang ke acara-acara yang berhubungan dengan Jepang.

Kesan yang timbul setelah melihat para cosplayer adalah sahal dan sedikit rumit untuk mendekati kemiripan 100 persen dari tokoh yang akan ditiru. Tapi apa yang dilakukan oleh pria asal Thailand ini benar-benar brilian dan sedikit liar.

Anucha Sangchart namanya. Pria ini punya imajinasi yang melampuai batas. Dengan mendirikan Ć¢??Lowcoast CosplayĆ¢??, sebuah page di Facebook, Anucha dengan bebas menirukan tokoh idola menggunakan aksesoris seadanya.

Lihatlah ketika Anucha menduplikasi gaya berpakaian tokoh animasi X-Men. Tiga pucuk garpu dijadikan capit sebagai senjata utama tokoh itu dengan topeng kupu-kupu menutupi wajah. Tak jarang pria ini mengoleskan cat dan tepung untuk menyempurnakan penampilannya.

Halaman Facebook yang dia buat itu membuat solusi bagi mereka yang tidak memiliki cukup dana untuk bercosplay, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat kita jumpai di rumah. Tisu toilet, perabot rumah tangga, atau bahkan mungkin sedikit tepung dapat kalian gunakan.

Penasaran kostum seperti apa saja yang sudah ‘dihancurkan’ oleh Anucha? Lihat sendiri foto-fotonya di bawah ini. (tom)