Dalam satu keluarga, terkadang hubungan antara kakak-adik tidak selalu harmonis. Sekali-dua kali pasti pernah ada perselisihan. Kamu berperan sebagai siapa dalam keluargamu? Kakak atau adik? Menjalankan kedua peran tersebut memang â??gampang-gampang-susahâ??. Namun kali ini JadiBerita akan memberikan saran agar kamu yang berperan sebagai kakak bisa menjadi kakak yang baik. Check this out:

1. Tanggung jawab sebagai kakak bukan beban

Poin pertama ini agak penting, den, non. Kenapa? Karena kalau kalian sudah salah persepsi diawal, maka akan berlanjutlah kekeliruan tersebut. Kamu yang sudah ditakdirkan menjadi kakak, harus bisa menerima keadaan tersebut. Justru bersyukurlah, karena kamu diberi kesempatan bahwa bisa menjadi panutan sekaligus pelindung bagi adikmu. Ingat, jangan anggap tanggungjawab sebagai kakak adalah sebuah beban, ya.

2. Bersikap seperti teman, bukan bos

Kepada asik, kamu harus bisa bersikap seperti teman. Jangan suka menyuruh adikmu untuk melakukan pekerjaan yang bisa kamu kerjakan sendiri, apalagi kalau menyuruhnya terlalu sering. Meminta pertolongan boleh, saat kamu benar-benar tidak bisa mengerjakan hal itu sendiri. Jika kamu dan adik bersikap seperti teman, hubungan kalian jauh akan lebih menyenangkan ketimbang kamu bergaya seperti bos yang terkesan memperlakukan adikmu seperti orang lain.

3. Perduli

Kepedulian sangat dibutuhkan dalam menjalankan hubungan  apapun, begitu pula hubungan kakak-adik. Sebagai kakak-adik yang memiliki hubungan yang baik dan menyenangkan, kamu yang berperan sebagai kakak harus perduli terhadap adikmu, luangkan waktu bersamanya, bantu dia untukmengerjakan tugas-tugasnya atau apapun, dengarkan ceritanya dan berikan masukan yang baik untuknya. Jangan tunjukan sikap acuh terhadap adikmu.

4. Motivator

Selanjutnya, untuk bisa menjadi seorang kakak yang baik kamu harus bisa menjadi seorang motivator. Tidak perlu mengikuti gaya Mario Teguh, kamu hanya perlu memberikan arahan-arahan yang tepat dengan bahasa yang tidak menggurui. Agar adikmu benar-benar mengerti apa yang kamu arahkan padanya, kamu bisa memberikan contoh kepadanya agar kamu menjadi panutannya.

5. Sabar

Tentunya ke-empat poin di atas tidak akan berarti apa-apa dan hanya akan menjadi teori kalau kamu tidak sabar. Ya, untuk menjadi kakak memang dibutuhkan kesabaran yang agak â??banyakâ??. Karena banyak sekali penilaian untuk menjadi seorang kakak.

Itu dia tips dari JadiBerita agar kalian bisa menjadi kakak yang baik. Terkesan sulit? Tidak, jika kamu memiliki sugesti yang baik dan positif dalam pikiranmu. Intinya adalah kamu harus senang dan bahagia memilikikesempatan untuk menjadi kakak. Nikmatilah peran dan tanggungjawabmu, itu akan lebih memudahkan kamu menjadi kakak yang baik. (anb)