5 penyanyi penerima awards terbanyak

Sudah menjadi kebanggaan tersendiri jika seorang musisi bisa memperoleh award di bidang musik. Penghargaan ini pun menjadi impian semua penyanyi. Dengan mendapatkan suatu award bergengsi, mereka bisa menunjukkan bahwa kehadirannya di kancah musik berbuah manis.

Hal ini pun dirasakan oleh sederet penyanyi berikut. Tak tanggung-tanggung, para penyanyi ini telah membawa pulang award dalam jumlah banyak. Lantas, siapa saja mereka? Berikut 5 penyanyi penerima award terbanyak, seperti dihimpun JadiBerita.

1. Lady Gaga

Lady Gaga
Lady Gaga

Pelantun tembang Bad Romance, Lady Gaga dinobatkan sebagai penyanyi penerima awards terbanyak. Tercatat, Gaga pernah memenangkan penghargaan untuk Best Electronic / Dance Album dan Best Dance Recording untuk lagunya berjudul Poker Face. Karya-karya Gaga pun berhasil menjadi peringkat pertama di inggris, Kanada, Austria, Jerman dan Irlandia. Tak hanya itu saja, album Gaga bertajuk The Fame juga masuk dalam top-10 di tangga berbagai negara di seluruh dunia. The Fame juga menempati posisi dua di chart Billboard 200 dan menduduki tahta jawara Billboard’s Dance / Electronic Album chart. Dua single pertamanya, Just Dance dan Poker Face menduduki nomor satu di chart berbagai negara, seperti Billboard Hot 100 di Amerika Serikat dan negara-negara lain.

2. Beyonce

Beyonce
Beyonce

Perempuan kelahiran 4 September 1981 ini termasuk salah satu penyanyi ternama yang mendapatkan award terbanyak di bidang musik. Beyonce sendiri sudah membawa pulang piala Grammy Award. Kesuksesan Beyonce berawal dari bergabungnya ia sebagai anggota Destiny’s Child. Hebatnya, saat ia tergabung di grup musik wanita itu, penjualan rekamannya menembus angka 50 juta. Di tahun 2003 silam, Beyonce merilis album solo pertamanya Dangerously in Love. Album ini berhasil duduk di peringkat satu di berbagai chart. Dari album ini, keluarlah single berjudul Crazy in Love dan Baby Boy yang keduanya berjaya di urutan satu. Bahkan, album itu menghasilkan lima Grammy Award pada tahun 2004. Selain itu, album keduanya yang dirilis pada 2006, B’Day mencapai kesuksesan di single Deja Vu, Ring the Alarm, dan Irreplaceable. Album B’Day dinominasikan untuk lima Grammy Awards untuk tahun 2007.

3. U2

u2

Grup band U2 pun tak mau kalah. Band yang berasal dari Irlandia ini sukses menggebrak panggung musik dengan karya-karya terbaiknya. Alhasil, U2 pun menikmati masa kejayaannya sebagai salah satu band paling berpengaruh di dunia dan mendapat beragam penghargaan, termasuk 22 buah Grammy Awards. U2 memiliki personel yang masing-masing bernama Bono (Paul David Hewson, vokal dan gitar), The Edge (David Howell Evans, gitar, piano, vokal dan bas), Adam Clayton (bas dan gitar) dan Larry Mullen, Jr (drum). U2 sendiri mulai dibentuk pada tahun 1976. Walau sekarang usia band ini sudah memasuki 39 tahun, eksistensi mereka tetap terjaga.

4. Celine Dion

Celine Dion
Celine Dion

Wanita bernama lengkap Celine Marie Claudette Dion ini juga menjadi penyanyi yang sukses meraih award paling banyak. Tepatnya tahun 1990 silam, Celine meluncurkan album perdananya berbahasa Inggris. Album yang diberi judul Unison ini ternyata begitu disukai oleh penikmat musik di Amerika Utara dan di seluruh dunia. Alhasil, sepanjang dekade 1990-an, Celine meraih kesuksesan di seluruh dunia dengan sejumlah album dalam bahasa Inggris dan Perancis. Keberhasilan Celine pun mengantarkan ia sebagai salah satu artis tersukses dalam sejarah musik pop. Sebagai musisi papan atas, Celine sudah mendapat banyak penghargaan diantaranya 5 Grammy Awards, 12 World Music Awards, 7 American Music Awards, 7 Billboard Music Awards, 21 Juno Awards dan 39 Felix Awards. Di tahun 1996, Celine juga memperoleh penghargaan Medals of Arts and Letters dari pemerintah Perancis sebagai artis berbahasa Perancis terlaris dalam sejarah. Tahun 2004, ia juga dianugerahi Chopard Diamond award oleh World Music Awards sebagai artis wanita terlaris sepanjang masa.

5. Agnez Monica

Agnez Monica
Agnez Monica

Di peringkat lima, nama Agnez Monica masuk sebagai jajaran penyanyi penerima award terbanyak. Pelantun lagu Tanpa Kekasihku ini sukses membawa pulang penghargaan selama dua tahun berturut-turut atas penampilannya di ajang Asia Song Festival di Seoul, Korea Selatan, pada tahun 2008 dan 2009. Tak berhenti sampai di situ saja, Agnez pun dianugerahi banyak award bergengsi lain di antaranya sembilan Anugerah Musik Indonesia, tujuh Panasonic Awards, dan empat MTV Indonesia Awards. Kini, Agnez bukan hanya menjadi penyanyi ternama di Indonesia saja, melainkan juga di mancanegara. Mimpinya untuk bisa go internasional berhasil terwujud berkat usaha dan perjuangannya selama ini.

(nha)