Lagu dalam film adalah salah satu unsur penting yang dapat membuat sebuah gambar bergerak menjadi lebih hidup. Lagu-lagu soundtrack yang baik tidak hanya yang lekat dalam ingatan penonton, namun juga memberi nyawa pada film. Seperti 5 soundtrack film Indonesia paling populer, yang dikutip dari Haionlinecom, Rabu (1/4/2015), berikut ini.

1. Nidji – Laskar Pelangi (OST Laskar Pelangi)

Sudah beberapa kali memang Nidji dipercaya mengisi soundtrack film lokal. Tapi sepertinya cuma “Laskar Pelangi” yang sangat memorable oleh para pendengarnya. Giring, vokalis Nidji, mengaku dirinya menangis karena terharu dengan kisah dalam buku “Laskar Pelangi”. Giring bertekad jika kisah buku tersebut dibuat film maka mereka akan membuat soundtrack-nya. Dua hari kemudian, produser “Laskar Pelangi”, Mira Lesmana menghubungi Nidji dan menawarkan mengisi soundtrack filmnya.

2. Melly Goeslaw – Ada Apa dengan Cinta (OST Ada Apa Dengan Cinta)

Melly Goeslaw memang andalan kalau soal bikin soundtrack. Tapi lagu ini bisa dibilang soundtrack buatannya yang paling terkenal. “Ada Apa dengan Cinta?” dinyanyikan Melly Goeslaw berduet dengan Erick Benzi sebagai penyanyi pendatang baru. Namun tidak semua lagu di album soundtrack ini dinyanyikan oleh Melly Goeslaw seperti lagu “Tentang Seseorang” (yang juga cukup terkenal) yang diciptakan oleh Melly Goeslaw yang dinyanyikan oleh Anda Bunga.

3. Peterpan – Tak Bisakah (OST Alexandria)

Peterpan (sekarang NOAH) merilis album soundtrack untuk film ini pada tahun 2005. Albumnya berjudul sama dengan filmnya, yakni “Alexandria”. Single andalan album ini adalah lagu “Tak Bisakah”. Lagu ini sempat menuai kontroversi karena dijiplak oleh musisi India yang bernama Pritam Pritam untuk film “Woh Lamhe Woh Lamhe” dengan judul lagu “Kya Mujhe Pyaar”.

4. Sherina – Jagoan (OST Petualangan Sherina)

Lagu “Jagoan” adalah single kedua dari album soundtrack film musikal, “Petualangan Sherina” yang rilisĀ  pada tahun 2000. Berkisah tentang dua anak (Sherina dan Sadam) yang berselisih dan saling menyindir dan mengejek. Video klip lagu ini sepenuhnya diambil dari scene film. Diawali dari Sherina mendorong Sadam hingga terpuruk, kemudian kubu Sherina dan Sadam saling bernyanyi melemparkan sindiran. Lagu ini cukup memorable karena ada beberapa scene ejekan dalam bentuk teriakan yang diakhiri dari tawa lepas dari masing-masing kubu.

5. Berlian Hutauruk – Badai Pasti Berlalu (OST Badai Pasti Berlalu)

Mungkin tidak banyak yang tahu lagu ini, apalagi untuk anak zaman sekarang, karena memang lagu ini merupakan lagu lama untuk film “Badai Pasti Berlalu” yang rilis pada tahun 1977. Aslinya, lagu ini dinyanyikan oleh Berlian Hutauruk, namun dinyanyikan lagi oleh Ari Lasso untuk soundtrack remake film “Badai Pasti Berlalu” pada tahun 2007. (tom)