Mahasiswa, adalah pejuang-pejuang pencari gelar untuk mensejahterakan kehidupan mereka. Tugas mahasiswa adalah sama seperti siswa, belajar. Tapi terkadang menjadi mahasiswa memiliki dilema tersendiri. Karena mengingat umur semakin bertambah, namun belum bisa mengurangi beban orangtua untuk membeli keperluan priadi. Alhasil, mahasiswa harus putar otak untuk mendapatkan penghasilan yang setidaknya cukup untuk menambah uang jajan dan bisa membeli keperluannya sendiri. Ini dia pekerjaan yang biasanya dilakukan mahasiswa versi JadiBerita:

1. Berjualan

Untuk melakukan kegiatan ini demi menambah penghasilan, mahasiswa diharuskan memiliki modal terlebih dahulu. Bermacam-macam tipe berjualan mahasiswa, ada yang kelompok ataupun individu. Jenis dagangan juga bervariasi, mulai dari makanan, pulsa, aksesoris dan lainnya.

2. Lomba Mania

Mahasiswa yang melakukan pekerjaan ini adalah mereka yang akan mengandalkan kemampuan dan keberuntungan mereka. Segala jenis perlombaan akan diikuti yang sekiranya sesuai dengan kemampuannya. Bagusnya, mahasiswa yang melakukan pekerjaan ini tidak mudah menyerah dan putus asa.

3. Penulis Freelance

Mahasiswa yang melakukan pekerjaan ini biasanya memang senang menulis dan tertarik dalam dunia jurnalistik. Selain karena memang sesuai dengan hobbynya, waktu bekerjanyapun dapat disesuaikan karena bersifat freelance.

4. Karyawan Sales Marketing

Untuk melakukan pekerjaan ini, biasanya dilakukan oleh mereka yang memang senang bicara dan pandai merayu orang lain. Pandai memberikan sugesti dan memasarkan suatu produk. Dibutuhkan keahlian dalam berbicara untuk melakukan pekerjaan ini.

5. Tentor Bimbel

Pekerjaan yang selanjutnya bisa dikerjakan mahasiswa untuk menambah penghasilan adalah menjadi pengajar atau tentor bimbel (bimbingan belajar). Untuk melakukan pekerjaan yang satu ini, tidak hanya membutuhkan jiwa yang besar.

(anb)