5 Tipe Murid dalam Menghadapi Ujian Nasional


Ujian Nasional atau UN belakangan ini tampaknya menjadi momok menakutkan bagi para siswa SMA. Mereka menempuh semua cara yang mereka tahu tanpa terkecuali. Dari cara-cara yang mereka pake buat melewati UN itu punya tipe murid tersendiri. Dilansir dari Kaskus, Kamis (2/4/2015), berikut adalah 5 tipe murid dalam menghadapi UN.

1. Realistis

Ilustrasi realistis (Kaskus)
Ilustrasi realistis (Kaskus)

Bisa dibilang tipe murid ini adalah tipe murid normal, yang belum ‘terkontaminasi’ oleh pikiran berbuat curang dalam UN. Tipe realistis selalu mendominasi murid yang nilainya rata-rata di atas murid bertipe lain. Pola pikir mereka yang rasional membuat mereka tau apa yang harus mereka lakukan. Sangat sederhana, kalau mereka mau lulus artinya mereka harus belajar.

2. Apatis

Ilutrasi apatis (Kaskus)
Ilutrasi apatis (Kaskus)

Walaupun sangat langka, tapi mereka ada. Pas di kelas mereka duduk di paling depan atau paling belakang, itu posisi favorit mereka. Biasanya mereka murid pindahan yang gagal beradaptasi dengan kelas, atau para korban bully. Disaat teman-temannya yang lain belajar mati-matian buat menghadapi UN, si apatis ini malah tidak memikirkan hal itu dan menganggap UN itu layaknya ujian biasa, dimana kalau mereka gagal bisa remedial sesuka hati.

3. Skeptis

Ilustrasi skeptis (Kaskus)
Ilustrasi skeptis (Kaskus)

Bahkan seorang murid yang bisa dibilang jenius bisa saja bertipe skeptis, atau tipe yang sering kali berfikiran negatif dan selalu menganggap semuanya sulit. Padahal mereka bisa, dan sangat berpotensi lulus. Biasanya murid yang bertipe skeptis ini semangat belajarnya cukup tinggi. Tapi semua kembali lagi ke muridnya, dan bukan jadi jaminan kalau mereka juga bakal semangat menghadapi UN.

4. Oportunis

Ilustrasi oportunis (Kaskus)
Ilustrasi oportunis (Kaskus)

Tipe ini adalah tipe murid cerdik yang punya ribuan akal dan selalu bisa membaca situasi. Seorang oportunis sejati tahu beberapa bulan menjelang UN dia harus mencari kongsi berpengaruh kuat untuk bisa melewati UN dengan cara yang relatif mudah. Sasaran dia tidak lain dan tidak bukan adalah kelompok murid dengan IQ berlebih yang selalu menghabiskan waktu istirahat di perpustakaan sekolah. Saat bersama dengan kelompok itu, dia jadi bisa lebih mudah memahami apa yang harus dia hadapi.

5. Pragmatis

Ilustrasi pragmatis (Kaskus)
Ilustrasi pragmatis (Kaskus)

Tipe yang satu ini selalu jadi alternatif, dan bisa dikombinasi dengan tipe-tipe sebelumnya. Pragmatis adalah murid yang selalu mementingkan hasil akhir, dalam kasus ini UN. Mereka yang masuk golongan murid pragmatis ditandai dengan sifat malas yang mendarah daging, dan mereka selalu mencari jalan pintas untuk memecahkan masalah, dengan kata lain mencontek. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak