Orangtua mana yang tidak bangga memiliki anak yang sudah bisa meraih penghargaan bergengsi saat usianya masih sangat muda, bahkan masih tergolong anak-anak. Tentulah semua orangtua menginginkan hal tersebut.

Begitu sekiranya yang dirasakan oleh kedua orangtua Carlos Perez Naval, bocah berusia 9 tahun yang berasal dari Spanyol ini bisa memberikan kebanggan bagi kedua orangtuanya.

Bagaimana tidak, dengan usianya yang baru 9 tahun tersebut, Carlos sudah bisa meraih gelar juara dalam ajang kompetisi tahunan fotografi internasional, Young Wildlife Photographer of the Year  2014.

Foto yang dikirimkan Carlos pada acara Young Wildlife Photographer of The Year 2014 (Vemale.com)

Carlos mengirimkan foto ini ke lomba Wildlife Photographer of the Year 2014 yang diadakan oleh Museum Sejarah Nasional di London. Kompetisi tersebut memang dilaksanakan untuk anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun, dan Carlos adalah salah satu peserta yang paling muda.

Meski paling muda, namun hasil jepretan Carlos sudah seperti fotografer profesional. Foto yang membuat Carlos menang dalam kompetisi dengan judul Stinger in the Sun ini adalah foto seekor kalajengking berwarna keemasan yang ia ambil di dekat rumahnya, di Torralba De Los Sisones, Spanyol.

Carlos dan Kate Middleton setelah pemberian hadiah (Vemale.com)

Lomba Wildlife Photographer of the Year  diadakan setiap tahun sejak tahun 1964. Selain Carlos, ada juga beberapa pemenang untuk kategori lainnya. Pemberian hadiah untuk pemenang lomba ini dihadiri oleh Kate Middleton.

Carlos sendiri sudah menyukai dunia fotografi sejak berusia 4 tahun. Dia senang memotret binatang atau fauna yang ia lihat. Awalnya, Carlos memotret dengan menggunakan kamera poket. Kemudian, melihat bakat sang anak, orangtuanya memberikan kamera yang lebih canggih

Setelah memiliki kamera yang lebih bagus, Carlos semakin rajin memotret fauna yang ada di sekitar rumahnya. Ketika dalam perjalanan ikut orangtuanya bepergianpun, Carlos selalu memotret fauna yang ditemuinya.

Cerita dari Carlos ini memberikan inspirasi pada kita bahwa keberhasilan tidak mengenal batasan usia. Selama kita mau dan giat mencoba, tentulah akan mendapatkan hasil yang setimpal pula dengan perjuangan.

Seperti keterampilan yang dimiliki Carlos, keterampilan apapun yang kamu miliki akan makin terasah jika kamu sering melakukan latiha. Jangan patah semangat ketika berlatih, ya. (anb)