‘Libur telah tiba, libur telah tiba. Hore.. Hore.. Hore!’, sepenggal lirik lagu yang dipopulerkan oleh Tasya apa sedang kamu nyanyikan saat ini? Tanggal merah datang. Jum’at, Sabtu, Minggu libur, lho. Kemana kamu akan menghabiskan waktu liburanmu minggu ini? Kalau bosan hanya berkeliling di Pulau Jawa, kamu bisa memilih pulau Kalimantan, misalnya. Berikut 5 Wisata terbaik di Kalimantan versi JadiBerita:

1. Pantai pasir panjang

Berbagai Sumber

Pantai Pasir Panjang adalah obyek wisata alam berupa pantai yang berpasir putih dan panjang yang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Pantai ini membentang sepanjang 3 kilometer, sehingga dinamakan pantai Pasir Panjang. Pantai ini memiliki pasir putih yang cantik dan ombak yang tenang. Pantai ini dapat dicapai dengan kendaraan selama 20 menit (17 km) dari pusat Kota Singkawang ke arah Kota Pontianak

2. Sinka island park

Berbagai Sumber

Terletak di wisata baru Singkawang, Teluk Ma’jantuh/Teluk Karang. Terletak sebelah selatang kota KSingkawang, 8 kilometer sebelum memasuki kota ini. Kawasan ini menawarkan hiburan modern dan alami, dengan jarak tempuh dari Pontianak-Singkawang hanya 3 kilometer.

3. Pulau Randayan

Berbagai Sumber

Pulau Randayan merupakan salah satu obyek wisata di Kalimantan Barat yang terletak di kawasan Kepulauan Lemukutan Besar, terletak di Laut Cina Selatan di sebelah Barat Pulau Kalimantan. Pulau kecil ini dikenal dengan keindahan panorama batu-batu karang, berbagai jenis ikan tropis dan wisata laut disekitarnya. Butuh waktu 2 jam perjalanan dari Pantai Pasir Panjang.

4. Taman Bukit bougenville

Berbagai Sumber

Taman bunga ini terletak di Desa Sijangkung, berjarak kurang lebih 6 km atau 15 menit perjalanan dari Kota Singkawang. Taman ini berlokasi di sebuah kaki bukit yang berlatar belakang Gunung Pasi dan dikelilingi areal hutan dan perkebunan yang tentunya menjadikan kawasan ini menjadi sangat asri dan sejuk. Di kawasan wisata ini para wisatawan akan disuguhi sekitar 46 spesies bunga Bougenville yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

5. Air terjun riam merasap

Berbagai Sumber

Air terjun Riam Merasap adalah obyek wisata alam berupa air terjun yang terletak di provinsi Kalimantan Barat tepatnya di desa Batang Air, kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang. Jarak dari kota Pontianak menuju air terjun ini sekitar 300 km[3]dan dalam waktu sekitar kurang lebih 8 jam. Ketinggian Riam Merasap ini sekitar 27 meterdan lebar sekitar 200 meter.

(anb)