Menjadi penuntut ilmu memang tidak mudah. Selalu banyak cobaan yang datang ketika kita sedang melaksanakan tugas mulia tersebut, salah satunya adalah mengantuk di kelas saat pelajaran atau kuliah berlangsung. Entah karena suasana kelas yang membosankan ataupun memang kamu sedang tidak fit. Dikutip dari hipwee.com, ini dia tips agar kamu dapat mengatasi rasa kantukmu saat di kelas:

1. Duduk di barisan paling depan

Duduk di Barisan Depan (berbagai sumber)

Dengan memilih tempat duduk di barisan paling depan, kamu akan terasa lebih dekat dengan guru atau dosenmu. Mereka akan sering memperhatikanmu, dan kamupun mau tidak mau akan fokus dengan pelajaran atau kuliah, dan melupakan rasa kantukmu.

2. Duduk dengan tegak

Duduk dengan Tegak (hipwee.com)

Ruangan ber-AC, dan suara pengajar yang datar memang adalah pengantar paling pas untuk tidur. Duduk di kursi dengan bersandar dan kaki yang terjulur lurus ke depan adalah resep paling cepat untuk terlelap. Tetapi, kalau sampai kamu melakukan hal itu di kelas, siap-siap saja menerima murka dari dosen atau gurumu. Untuk menhindarinya, cobalah duduk tegak tanpa sandaran. Napasmu bisa lebih lancar, tubuhmu juga bisa menjadi lebih segar.

3. Makan permen mint

Makan Permen Mint (wikihow.com)

Sebelum mulai kelas dan mengikuti proses belajar, sekiranya mata kuliah atau pelajaran tersebut membosankan siapkanlah perment mint dalam kantongmu. Saat rasa kantuk menyerangmu di tengah proses belajar, kamu sudah bisa mengatasinya. Eits, makan permennya jangan sampai kethuan, ya.

4. Dicubit teman

Cubit Gemas dari Temanmu (berbagi sumber)

Ya, kamu bisa saja meminta temanmu untuk mencubitmu. Cubitan akan membuat tubuhmu merasa sakit karena syaraf yang aktif. Nggak jarang rasa sakit ini akan membuatmu terbelalak dan menjadi fokus kembali. Tapi hati-hati ya memilih teman untuk dimintai tolong melakukan ini, siapa tahu dia punya dendam terhadapmu. Eits, jangan ditanggapi serius, ya.

5. Mencuci muka

Mencuci Muka (berbagai sumber)

Poin terakhir ini adalah kalau kamu sudah berada di ujung tanduk. Kamu sudah tidak bisalagi menghalau rasa kantukmu yang luar biasa. Minta izinlah kepada guru atau dosenmu untuk ke toilet. Basuh wajahmu dengan air dingin dan rasakan kesegarannya.

(anb)