Bagi sebagian turis mancanegara, saat berkunjung ke Indonesia, mungkin tempat yang ingin mereka datangi adalah lokasi wisata yang terkenal, seperti Pulau Bali, Borobudur, hingga perairan Raja Empat di Papua. Namun, rupanya hal ini tidak berlaku bagi turis asal Jepang ini.

Sembari berwisata, turis asal Jepang ini melakukan hal yang tidak biasa dilakukan oleh turis mancanegara biasanya. Dengan menyandang gitar akustik, mengenakan kaos singlet, bercelana panjang, pria Jepang mengamen di pinggir rel kereta. Pria berbadan kurus ini tampak ceria bernyanyi sambil memainkan gitarnya.

Aksi turis Jepang berambut pendek itu ngamen di pinggir rel dekat Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara tersebut direkam dalam video yang kemudian diunggah ke situs berbagi video YouTube. Sejumlah warga sekitar lokasi, mulai dari bocah hingga orang dewasa ikut menari sambil bertepuk tangan meski mereka tidak mengerti apa yang pria asal Negeri Matahari Terbit itu nyanyikan.

Selama mengamen, turis asal Jepang itu juga diperingatkan oleh para bocah yang menonton untuk menyingkir karena ada kereta yang akan lewat. “Awas kareta, kareta,” teriak salah satu bocah.

Video berdurasi 3 menit 30 detik yang diunggah pada tanggal 3 November 2014 ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 100 ribu kali. Di akhir video, turis Jepang itu mengucapkan terima kasih dalam bahasa Indonesia.

Saksikan sendiri videonya di atas. Mungkin kamu tahu apa yang dia nyanyikan. (tom)