Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, pembuatan robot bukanlah hal yang aneh lagi. Bahkan semakin banyak robot diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia. Kini, ilmuwan berencana untuk memindahkan jiwa manusia ke dalam robot. Bisakah?

Yang bakal menciptakan robot dengan jiwa manusia itu adalah Google. Perusahaan internet Google seperti diketahui tengah berambisi mengembangkan proyek tentang robot. Sejumlah langkah telah dilakukan, seperti membeli beberapa perusahaan robot.

Tak cuma merancang dari sisi perangkat keras, karena kenyataanya Google juga membuat sisi humanis dalam sebuah robot ciptaannya. Ini diungkap berdasarkan rujukan dari paten baru yang didapatkan oleh Google.

Paten tersebut memungkinkan Google untuk mengembangkan sistem robot untuk mengunduh kepribadian seseorang secara online. Mesin akan mengunduh setiap kepribadian yang berbeda layaknya sebuah aplikasi. Paten robot buatan Google tersebut juga akan mampu meniru kepribadian pemiliknya. Secara rinci, sistem itu akan berbasis di awan atau cloud, sehingga sewaktu-waktu dapat diunduh.

“Satu robot akan akan mempunyai beberapa kepribadian. Sifatnya akan mampu dimodifikasi berdasarkan sifat dan perasaan dari seseorang yang ingin ditirunya,” tulis dalam paten tersebut, yang dikutip dari Daily Mail, Senin (6/4/2015).

“Dengan cara ini, pengguna dapat melakukan perjalanan ke kota lain, dan mengunduh kepribadiannya di dalam robot yang ditemuinya di kota lain tersebut.”

Ini merupakan paten ke sekian yang dimiliki Google. Untuk rekayasa kepintaran, Google memang paling jago. Divisi khusus Google X merupakan laboratorium Google yang didedikasikan untuk penciptaan robot dan artificial intelligence.

Menurut Google, sebuah robot bisa diprogram sedemikian rupa sesuai dengan keinginan penggunanya atau keinginan robot itu sendiri. Mirip dengan gadget yang memiliki sistem operasi yang bisa diganti-ganti.

Google sendiri kini telah memiliki beberapa perusahaan yang mengembangkan robot. Salah satunya adalah Boston Dynamics. Perusahaan tersebut telah mengembangkan robot bernama Atlas, yang dibuat mirip dengan manusia. Robot itu bisa berjalan, berlari, melompat, bahkan membuka pintu layaknya manusia.

Atlas (The Guardian)
Atlas (The Guardian)

Atlas yang dibuat oleh Boston Dynamics itu adalah versi modifikasi dari Atlas sebelumnya, dengan penambahan beberapa fitur. Menurut Gill Pratt, Manajer Program untuk Darpa Robotics Challenge, reposisi desain Atlas juga meliputi pemindahan senjata dan bahu sehingga robot itu dapat melihat ketika tangannya bergerak. Atlas juga dilengkapi wireless router di kepala untuk membantu komunikasi via radio dengan tim pengendali robot. Motor penggerak Atlas di pinggul, lutut, dan tulang punggung juga diperkuat.

Tinggi Atlas mencapai 1,88 meter dengan berat badan 156,4 kg. Dengan modifikasi baru ini, Atlas akan diuji dalam kompetisi lomba robot Darpa yang akan dilaksanakan pada 5 dan 6 Juni 2015 mendatang di Pomona, California, AS. Pemenang kontes itu akan dihadiahi uang sebesar USD 3,5 juta. Kompetisi itu merupakan bentuk pengembangan robot Atlas agar dapat membantu manusia dalam zona bencana dan peperangan. (tom)