Selama ini, kebanyakan orang mengabaikan pentingnya tidur siang walau hanya sekitar 15-30menit saja. Padahal tidur siang merupakan relaksasi tubuh dari segudang aktifitas yang dikerjakan dan berguna menenangkan saraf-saraf yang tegang akibat aktifitas yang di jalani. Sebagian besar orang cenderung berfikir bahwa menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin adalah hal yang baik, namun ternyata ridur siang dibutuhkan oleh tubuh kita dan memiliki manfaat. Bahkan orang-orang sukses di luar sana memiliki hobi tidur siang, seperti John F. Kennedy, Winston Chruchill, Leonardo da Vinci dan Thomas Alva Edison. Ini dia alasan kamu membutuhkan tidur siang versi JadiBerita:

1. Merilekskan tubuh dan pikiran

Menurut The National Sleep Foundation, kita membutuhkan waktu untuk tidur siang selama 20 hingga 30 menit setiap harinya. Jika kita tidak mengimbangi aktivitas dengan waktu istirahat akan berakibat buruk bagi diri kita. Apalagi jika tubuhmu memang sudah lelah dan harus terus dikejar dengan berbagai tuntutan pekerjaan, kamu akan semakin stress. Untuk merilekskan tubuhmu, kamu cukup tidur siang selama 20 menit.

2. Memunculkan ide-ide baru

Tidur siang terbukti dapat meningkatkan sensitivitas tubuh, hal itu dikemukakakn oleh Dr. Sandra C Mednick dalam bukunya Take a Nap, Change Your Life. Kamu dapat menemukan ide-ide baru dengan tingkat sensitivitas panca inderamu yang sudah ter-refresh.

3. Mengembalikan semangat dan energi

Pekerjaan terus berdatangan meskipun hari sudah siang, padahal kita sudah beraktivitas dan mengerjakan tugas-tugas sejak pagi hari. Ditambah lagi dengan perjalanan yang melelahkan. Semakin siang, saat masih harus berhadapan dengan tugas dan pekerjaan, tubuh merasa lelah dan membutuhkan istirahat. Bangunnya kamu dari tidur siangmu kamu akan merasa semangat dan energimu penuh kembali.

4. Mencegah Resiko Penyakit Jantung

Survey yang dilakukan oleh Archieved of Internal Medicine pada tahun 2007, bahwa 64% pekerja berpotensi meninggal karena penyakit jantung. Kemudian 36% lainnya terbeas dari penyakit jantung karena memiliki kebiasaan tidur siang secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu. Menurut Dimitrios Trichopolus dari Harvard School of Public Health di Boston, tidur siang menjadi senjata ampuh untuk melawan kematian akibat penyakit jantung.

5. menurunkan stress

Ketika kamu sudah sedang menghadapi stres dan depresi siang hari putuskanlah untuk tidur siang dan rehat sejenak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hormon stress akan mengalami penurunan setelah anda tidur siang.

(anb)