Singa Vs Harimau, Siapa yang Menang?


Siapa yang tidak mengenal hewan bernama singa dan harimau? Kedua hewan yang masih bersaudara dengan kucing tersebut memang terkenal dengan kebuasannya, terutama singa karena memiliki julukan si Raja Hutan. Jika mereka berdua terlibat perkelahian, siapakah yang akan menang?

Mungkin kamu berpikiran kalau singa yang akan menang, karena dia memiliki julukan si Raja Hutan. Namun kamu salah, karena umumnya, walau tidak selalu, harimau akan memenangkan perkelahian dengan singa. Apa yang menyebabkan hal tersebut?

Dikutip dari Kaskus, Selasa (7/4/2015), menurut Pusat Penelitian Singa di University of Minnesota, koalisi dua sampai tiga singa jantan biasanya berjuang sebagai kelompok terhadap saingan teritorial, tetapi harimau selalu pergi sendiri. Perbedaan inilah yang mempengaruhi naluri dua kucing besar ini. â??Apa yang saya lihat dari harimau, mereka tampaknya lebih agresif, mereka pergi untuk tenggorokan mereka, pergi untuk membunuh. Singa mungkin bisa untuk bermain-main, karena mereka punya cadangan dengan singa lainnya. Sedangkan harimau tidak bisa. Mungkin mereka dikondisikan melalui evolusi mereka yang tidak pernah bergantung pada bantuan dari hewan lain dan selalu pergi untuk membunuh cepat.â?

Craig Saffoe, seorang ahli biologi dan kurator kucing besar di Kebun Binatang Smithsonian di Washington, D.C, memiliki pendapatnya sendiri, “Singa dan harimau masing-masing memiliki kekuatan, dan hasil dari pertarungan sepenuhnya tergantung pada individu: sejarah, gaya bertarung dan fisiologi mereka,â? katanya. â??Tapi jika aku harus bertaruh, saya akan memilih harimau,â? lanjut Saffoe.

Bahkan, â??National Geographic Channel, The Last Lions of Asiaâ? menyebutkan bahwa harimau Bengal memiliki keunggulan berat 50 kg lebih dari singa Asia, dan dapat membunuh singa Asia dalam perkelahian.

Pertarungan singa dan harimau ternyata sudah ‘dinikmati’ oleh orang Romawi zaman kuno di Koloseum. Pertarungan kedua hewan tersebut juga sempat dipertontonkan pada awal abad ke-20. Namun kini pertarungan lintas spesies itu sudah tidak ada lagi karena harimau dan singa sudah menjadi hewan yang dilindungi di berbagai negara.

Namun menariknya, singa dan harimau dapat dikawin silang, sehingga menghasilkan Liger dan Tigon. Liger (singkatan dari lion dan tiger) atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai simau (singkatan dari singa dan harimau) merupakan hasil perkawinan antara singa jantan dan harimau betina. Sedangkan Tigon merupakan hasil perkawinan silang antara harimau jantan dan singa betina.

Secara umum perkawinan silang ini sering terjadi tapi di alam liar keberadaan kedua spesies hibrida ini mulai punah. Oleh karena itu, saat ini mulai banyak penangkaran satwa liar di dunia mengembangbiakkan spesies ini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak