Siapa yang tidak mengenal Mr. Krabs dari serial kartun “SpongeBob Squarepants”? Dia dikenal sebagai tokoh yang sangat pelit. Baginya, duit adalah nyawa dan dia tidak pernah mengeluarkan duit dalam jumlah besar, sehingga bisa dikatakan dia hidup hemat. Kamu juga bisa hidup hemat sepertinya. Berikut 5 tips hidup hemat ala Mr. Krabs yang bisa kamu lakukan, dikutip dari Kaskus, Rabu (8/4/2015).

1. Jangan Makan di Restoran

Restoran Mr. Krabs (Kaskus)
Restoran Mr. Krabs (Kaskus)

Biar hemat, jangan makan di restoran. Bila perlu, datanglah ke rumah teman atau saudara dan numpang makan di sana. Dengan begini kamu bisa hemat uang makan. Jangan malu juga untuk membawa tempat makan sendiri agar makanannya bisa dibawa pulang sebagai stok hari berikutnya.

2. Nebeng Jika Ingin Pergi

Nebeng (Wikipedia)
Nebeng (Wikipedia)

Nebeng adalah solusi terbaik untuk menghemat, karena nebeng kita tak perlu mengisi bensin atau membayar ongkos ojek. Agar bisa hemat ongkos, bertemanlah dengan siapa saja, siapa tahu ada yang menawarkan jasa ojek gratis. Jangan juga menggunakan sepeda, karena mengayuh sepeda bisa melelahkan, dan ujung-ujungnya keluar duit untuk beli makan dan minum. Jika kepepet harus pakai sepeda, kembali lagi ke poin 1 ketika lapar dan haus.

3. Jangan Merokok

Dilarang merokok (Kaskus)
Dilarang merokok (Kaskus)

Sehat itu mahal. Karena itu kesehatan harus dijaga. Salah satunya adalah dengan tidak merokok. Beruntunglah bagi kalian yang tidak merokok, karena bisa hemat uang untuk membeli rokok. Bagi yang sudah terlanjur merokok, usahakan dikurangi merokoknya. Jika kehabisan rokok, maka usahakan dapat rokoknya secara gratis, seperti misalnya menggoda mbak-mbak penjaga warungnya.

4. Bersedekah

Sedekah (Kaskus)
Sedekah (Kaskus)

Meski harus hidup seperti Mr. Krabs, bersedekah juga harus dilakukan. Siapa tahu dengan melakukan sedekah nantinya bisa mendapat balasan yang baik pula.

5. Jangan Punya Pacar

Jomblo (Merdeka)
Jomblo (Merdeka)

Punya pacar ada enak, ada juga tidak enaknya. Tidak enaknya kamu harus memiliki uang ekstra untuk pasanganmu itu. Belum lagi jika disuruh antar jemput, bisa habis uangmu hanya untuk ongkos bensin. Agar hemat, sebaiknya dihindari memiliki pacar. Kecuali jika kamu orang kaya dan sudah bekerja dengan penghasilan fantastis, kamu bisa abaikan poin kelima ini. (tom)