Tarnyata tak hanya manusia saja yang bisa pura-pura mati agar terhindar dari bahaya yang mengancamnya. Hal tersebut juga dilakukan oleh hewan, khususnya kambing.

Kambing jenis Myotonic menjadi salah satu tontonan populer di situs YouTube beberapa waktu lalu. Tak pelak, banyak penonton tertawa lantaran lucunya aksi kambing tersebut saat panik.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (8/4/2015), kambing ini juga dikenal sebagai ‘fainting goat’ atau kambing pingsan karena pada saat mereka panik, otomatis mereka pura-pura mati dengan cara membeku selama 10 detik. Dalam beberapa detik itu, badan mereka menjadi kaku.

Hewan ternak ini sudah umum ada di Kota Tennessee, Amerika Serikat. Ukuran kambing tersebut bervariasi seperti kambing jenis lainnya. Beratnya ada yang 27 kg ada pula yang 79 kg. Beberapa dari mereka mempunyai tanduk.

Ternyata kebiasaan mereka yang pingsan jika panik merupakan suatu penyakit yang sudah diturunkan selama beberapa generasi, atau merupakan penyakit genetik bagi kambing Myotonic. Perkembangbiakan hewan ini kini berada di ambang kepunahan. Sementara itu, ada banyak peternak amatir yang suka hewan ini dan membiakannya.

Dalam video bisa kamu lihat kompilasi dari kambing jenis ini, yang tiba-tiba pingsan atau pura-pura mati saat kaget atau ketika dikejar. Melihat kambing itu tiba-tiba kaku memiliki rasa humornya sendiri.

Seperti apa kocaknya kambing yang pura-pura mati ini? Lihat saja langsung videonya di atas. (tom)