Indonesia memiliki segudang keindahan yang tidak terelakkan. Selain wisata alam di daratan, Indonesia juga memiliki keindahan laut bahkan bawah laut yang patut dibanggakan. Ini dia 5 wisata taman laut yang terindah di Indonesia versi JadiBerita:

1. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken (berbagai sumber)

Taman laut ini terletak di Sulawesi Utara, tidak jauh dari ibukotanya yaitu Manado. Bunaken terletak di Segitiga Terumbu Karang, yang menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991 dan meliputi wilayah seluas 890.65 km². 97% dari taman nasional ini merupakan habitat laut, sementara 3% sisanya merupakan daratan, meliputi lima pulau: Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen. Akses untuk mencapai Taman Laut Nasional Bunaken dapat menggunakan transportasi yang sudah tersedia yaitu perahu motor dari pantai teluk Manado.

2. Taman Laut Karimun Jawa

Taman Laut Karimun Jawa (btravindonesia.com)

Kepulauan Karimun Jawa termasuk wilayah kabupaten Jepara, Jawa tengah. Transportasi dapat diakses dari Pelabuhan Kartini, Jepara, atau Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam. Taman Nasional Karimun Jawa merupakan gugusan kepulauan yang terdiri dari 22 pulau dengan luas area 111.625 Ha. Taman Laut Karimun Jawa memiliki beberapa tipe terumbu karang, yaitu: fringing reef, barrier reef dan beberapa taka (patch reef). Salah satu daya tarik Taman Laut Karimun Jawa adalah karang merah (tubipora musica) dan karang hitam (antiphates ssp) yang sudah tergolong langka. Juga terdapat bangkai kapal yang menjadi habitat ikan karang. Di Taman Laut Karimun Jawa Anda dapat menjumpai 242 jenis ikan hias, penyu hijau, penyu sisik, junai emas, dan keong gelung.

3. Taman Laut Raja ampat

Terumbu Karang di Raja Ampat (berbagai sumber)

Kepulauan Raja Ampat terletak di barat laut kepala burung Papua dengan empat pulau utama: Misool, Salawati, Bantata dan Waigeo. Dengan luas area 4 juta hektar tanah dan laut, Taman Laut Raja Ampat dinobatkan menjadi taman laut terbesar di Indonesia. Perairan ini menjadi rumah bagi 537 spesies koral (75% dari total spesies koral di dunia), lebih dari 1000 spesies ikan karang, dan 700 jenis moluska. Beberapa jenis ikan yang dapat Anda jumpai saat menyelami perairan Raja Ampat antara lain adalah ikan pari manta, wobbegong, snapper, tuna, dan barracuda.

4. Taman Laut Banda

Taman Laut Banda (berbagai sumber)

Taman Laut Banda terletak di Kabupaten Maluku Tengah, di gugusan Pulau Neira, Pulau Gunung Api, Pulau Sjahrir, dan Pulau Hatta. Taman Laut Banda yang merupakan salah satu taman laut terindah di dunia memiliki 310 jenis karang pembentuk terumbu, sekitar 871 spesies ikan, serta populasi hiu dan kerapu, termasuk beberapa jenis ikan dan kerang purba yang disuakakan seperti ikan napoleon. Karena keindahannnya, pada tahun 2006 Taman Laut Banda dipilih menjadi Kawasan Warisan Dunia untuk surga bawah laut Indonesia.

5. Wakatobi

Wisata Laut Wakatobi (berbagai sumber)

Taman laut ini terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara dengan total area 1,39 juta ha. Keindahan Taman Laut Wakatobi sudah terkenal hingga ke mancanegara, terutama setelah ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan Wakatobi ini sangat kaya dengan spesies koral. Di Taman Laut Wakatobi terdapat 750 dari 850 spesies koral yang ada di dunia. Taman Laut Wakatobi memiliki kedalaman yang bervariasi, bagian terdalamnya mencapai 1.044 meter. Perairan Wakatobi juga menjadi rumah bagi ikan pari manta yang hanya  terdapat di perairan tropis. Di bulan November, perairan Wakatobi pun sering dikunjungi oleh kawanan paus sperma.

(anb)