5 istana terbesar (wikipedia)

Istana adalah sebuah tempat yang umumnya dihuni oleh keluarga kerajaan ataupun kepala negara. Selain dijadikan tempat tinggal, istana juga kerap difungsikan sebagai bangunan untuk menggelar acara-acara kenegaraan atau tempat pertemuan dengan tokoh-tokoh penting.

Jika membicarakan soal istana, pasti kamu akan membayangkan sebuah bangunan yang bernuansa mewah, megah dengan desain yang bagus. Siapa sangka? Di dunia ini rupanya terdapat beberapa istana dengan ukuran yang sangat besar. Berikut 5 istana terbesar di dunia yang dihimpun JadiBerita, Kamis (09/04).

1. Istana Forbidden City

Istana Forbidden City (wikimedia)
Istana Forbidden City (wikimedia)

Apabila berbicara tentang istana terbesar di dunia, Forbidden City lah juaranya. Istana ini berada di tengah-tengah Beijing, Cina. Forbidden City merupakan istana kekaisaran Cina dari Dinasti Ming ke akhir Dinasti Qing. Sekitar 500 tahun, Forbidden City menjadi rumah bagi kaisar dan keluarganya. Tak hanya itu, istana mewah ini pun dijadikan sebagai pusat upacara dan politik dari pemerintah Cina. Luas istana ini mencapai 720.000 m2 dengan kompleks 980 bangunan. Istana yang dibangun pada tahun 1406-1420 dianugerahi sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1987, serta terdaftar oleh UNESCO sebagai koleksi terbesar struktur kayu kuno yang diawetkan di dunia.

2. Topkapi Palace

Topkapi Palace (wikimedia)
Topkapi Palace (wikimedia)

Di peringkat dua, Topkapi Palace juga menjadi istana paling besar di dunia ini. Bayangkan saja, luas istana yang terletak di Istanbul Turki ini mencapai 700,000 m2. Istana megah ini ternyata menjadi kediaman utama dari Sultan Ottoman selama kurang lebih 400 tahun sejak 1465 – 1856. Selain itu, istana ini kerap dipakai sebagai pusat administrasi dari kekaisaran Istanbul. Saat ini, Topkapi Palace ditetapkan sebagai salah satu monumen yang terkandung dalam Historic Areas of Istanbul (Area bersejarah Istanbul). Di dalam istana ini berisi peninggalan suci penting dari dunia Muslim, termasuk jubah dan pedang Nabi Muhammad SAW.

3. Istana Nurul Iman

Istana Nurul Iman (wikimedia)
Istana Nurul Iman (wikimedia)

Layaknya Topkapi Palace, Nurul Iman juga menyandang gelar sebagai istana terbesar di dunia. Istana Nurul Iman bertempat di tepi Sungai Brunei, beberapa kilometer arah selatan dari Bandar Seri Begawan, ibukota Brunei. Ini merupakan hunian resmi Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah, dan pusat dari pemerintah Brunei. Nurul Iman memiliki 1.788 kamar yang meliputi 257 kamar mandi, ruang perjamuan yang dapat diperluas untuk menampung hingga 5.000 tamu, masjid yang menampung 1.500 orang. Tak tanggung-tanggung, istana ini mempunyai 110 garasi mobil, 5 kolam renang, 564 lampu gantung, 51.000 bola lampu, 44 tangga, dan 18 lift. Untuk luasnya sendiri, Nurul Iman sekitar 200.000 m2.

4. Royal Palace of Madrid

Royal Palace of Madrid (wikimedia)
Royal Palace of Madrid (wikimedia)

Bangunan di kawasan Calle de Bailén (Bailén Street), Madrid bernama Royal Palace of Madrid ini juga diklaim sebagai istana terbesar di dunia. Ini adalah rumah yang ditempati oleh keluarga kerajaan Spanyol. Meski begitu, istana ini hanya dipakai untuk upacara-upacara kenegaraan. Istana ini dimiliki oleh Negara Spanyol dan dikelola oleh Nacional Patrimonio, badan publik Kementerian Kepresidenan. Royal Palace of Madrid memiliki luas sekitar 135.000 m2. Selain menjadi istana terbesar di dunia, Royal Palace of Madrid juga menjadi istana terbesar kedua di Eropa dari ukuran luas lantai.

5. Palace of Venaria

Palace of Venaria (wikimedia)
Palace of Venaria (wikimedia)

Terakhir, Palace of Venaria juga termasuk dalam deretan istana terbesar di dunia. Istana yang berada di Venaria Reale, Turin, Piedmont, Italia utara ini memiliki luas sekitar 80,000 m2. Palace of Venaria pun masuk dalam Daftar Warisan UNESCO pada tahun 1997. Palace of Venaria sendiri didirikan pada tahun 1.675 oleh Amedeo di Castellamonte. Tahukah kamu? Nama istana itu berasal dari bahasa Latin, yang berarti Venatio Regia “Royal Hunt”.

(nha)