Indonesia dikenal sebagai negara yang mempunyai beranekaragam panorama yang menakjubkan. Potensi berbagai keindahan alam yang dipaparkan sangat ideal untuk dijadikan objek wisata. Keindahan itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk pelesir ke berbagai tempat di nusantara. Berikut ini merupakan lima kota terindah di Indonesia yang patut anda kunjungi versi JadiBerita:

1. Denpasar

Museum Denpasar (berbagai sumber)

Bukan menjadi rahasia lagi kalau Ibukota Bali ini menjadi salah satu kota terindah di nusantara. Denpasar disebut-sebut sebagai surga yang ada di dunia dan memiliki kultur budaya yang unik. Sikap dan perilaku masyarakatnya yang ramah dan juga ditambah dengan pemandangan alamnya yang indah. Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang mengagungkan keindahan kota ini dan menjadikannya sebagai destinasi favorit untuk berlibur bersama keluarga ataupun sahabat.

2. Mataram

Pantai Kuta Lombok, salah satu tempat wisata di Kota Mataram (mataram.info.com)

Mataram yang menjadi Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat ini memiliki segudang keindahan alam yang membuatnya masuk ke dalam daftar kota terindah di Indonesia. Tak kalah dengan Denpasar, Mataram memiliki pantai-pantai indah berpasir putih yang masih asri. Mataram menjadi destinasi favorit wisatawan domestik setelah Bali.

3. Ambon

Salah satu laut Kota Ambon (berbagai sumber)

Ambon merupakan Ibukota Provinsi Maluku. Kota Ambon terletak di daerah datar, dikelilingi oleh Teluk Ambon yang indah, yang didukung oleh pegunungan hijau subur dan menghadap ke air jernih dan taman karang berwarna-warni dan beraneka ragam spesies. Ambon dikenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah terbaik dunia. Ambon juga dikenal dengan keindahan alamnya yang begitu memukau, juga dikenal sebagai pulau tropisnya Indonesia, itulah sebabnya muncul istilah “Ambon Manise” yang berarti Ambon itu manis atau cantik.

4. Jayapura

Keindahan Kota Jayapura (panoramio.com)

Jayapura sesungguhnya adalah gabungan dari dua kata dalam bahasa Sanskrit (Sanskerta), yaitu â??jayaâ?? atau kemenangan dan â??puraâ?? yang berarti kota. Mantan Presiden Suharto memberikan nama tersebut untuk kota cantik ini demi memperingati keberhasilan TNI merebut Pulau Papua dari tangan penjajah Belanda. Kota ini tidak terlalu besar dan jarak antar lokasi wisata atau kompleks perkantoran tidak terlalu jauh. Semuanya bisa kamu datangi dengan berjalan kaki sambil menikmati indahnya pemandangan Jayapura yang merupakan gabungan antara wilayah pegunungan dan laut yang tenang. Atraksi wisata di Jayapura juga bervariasi, ada Danau Sentani, Museum Negeri dan Gunung Ifar, tempat di mana kamu bisa mendapat view yang lebih menggetarkan hati disini. Wilayah perairan Jayapura merupakan surga bagi pecinta diving, karena ada bangkai kapal bekas Perang Dunia II yang tenggelam di situ dan sekarang menjadi rumah buat ratusan satwa laut yang unik.

5. Bukittinggi

Suasana Bukittingi (berbagai sumber)

Mungkin yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar Bukittinggi adalah kota dengan bukit yang terletak beberapa meter diatas permukaan laut. Anggapan kamu memang benar, karena kota ini sepintas lalu mirip dengan Bandung karena sama-sama terletak di areal pegunungan. Bedanya, Bukittinggi tidak sepadat Bandung dan belum banyak bangunan dibangun tinggi menjulang dan menutupi pemandangan. Imaji itu menjadikan Bukittinggi tampil lebih cantik dengan pemandangan yang akan terekam dalam otak akan keindahannya. Jalan-jalan di kota yang berjarak 90 km dari Padang ini juga belum dijejali kendaraan dan kendaraan umum tradisional seperti bendi masih bebas berlalu lalang yang membuat polusi. Spot wisata populer di sekitar Bukittinggi antara lain Ngarai Sianok, Jam Gadang, Taman Bundo Kanduang, Pasar Atas dan Pasar Bawah, juga Museum Bung Hatta. Selain itu ada juga Lubang Jepang dan Danau Maninjau yang ramai dikunjungi penduduk lokal di musim liburan.

 (anb)