Lukisan biasanya dibuat di atas kanvas. Namun tidak demikian halnya dengan seniman yang satu ini. Seniman bernama Johannes Stoetter tersebut justru menciptakan karya lukisan dari tubuh manusia alias body painting.

Lihat saja video di atas. Jika dilihat sekilas, mungkin kamu menyangka kalau lukisan bunglon itu adalah lukisan bunglon biasa. Namun beberapa saat kemudian, bunglon itu bergerak, dan kemudian diketahui kalau bunglon tersebut merupakan gabungan dari dua model wanita yang tubuhnya dicat sedemikian rupa dan membentuk bunglon.

Johannes Stoetter (Sueddeutsche)
Johannes Stoetter (Sueddeutsche)

Johannes Stoetter sendiri merupakan pelukis tubuh (bodypainting) asal Italia, yang pernah menjuarai World Bodypainting Champion 2012. Salah satu keahliannya adalah melukis tubuh modelnya sehingga hasil akhirnya terlihat mirip flora, fauna, atau suasana alam lainnya.

Untuk membuat katak, misalnya, Stoetter membutuhkan lima model cewek. Seorang didesain untuk bagian kepala dan tubuh. Dua model cewek menjadi kaki depan katak, dan dua cewek lagi menjadi kaki belakang katak. Hasilnya, bisa kamu lihat sendiri pada foto di akhir tulisan ini.

Setiap melukis tubuh modelnya, Stoetter membutuhkan waktu rata-rata 4 jam. Ini kalau modelnya hanya satu orang. Kalau modelnya lebih dari satu, jelas membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

Meski umurnya sudah 35 tahun, namun semangat dan kreativitas Stoetter tidak kalah dari anak-anak muda. Karyanya yang cukup terkenal lainnya adalah burung nuri. â??Yang cukup sulit adalah bagaimana memberitahu model bagaimana cara berpose yang benar, agar gambar burung nuri itu bisa terlihat serealistis mungkin. Fotografer pun harus berada di titik yang tepat untuk mengambil gambar, agar hasilnya benar-benar seperti burung parrot,â? kata Stoetter dikutip dari Daily Mail, Kamis (9/4/2015).

Kamu bisa lihat karya-karya Stoetter lainnya pada foto di bawah ini. (tom)