Bagi para pecinta film, khususnya film “Fast & Furious” jelas masih berduka karena Paul Walker yang menjadi peran utama film tersebut meninggal dunia akibat kecelakaan pada tahun 2013 lalu. Meski demikian, pihak pembuat film berhasil ‘mengakali’ agar Paul Walker tetap terlihat masih hidup dalam film terbarunya, yaitu “Fast & Furious 7” yang baru saja rilis awal bulan April ini.

Ternyata, selain Paul Walker, ada juga aktor lain yang bernasib serupa, yaitu meninggal dunia ketika proses syuting belum selesai. Siapa saja mereka dan bagaimana cara pihak pembuat film mengakalinya? Berikut keempat aktornya, dikutip dari HaiOnlinecom, Kamis (9/4/2015).

1. Brandon Lee

Brandon Lee (Hai Online)
Brandon Lee (Hai Online)

Anak legenda film kungfu Bruce Lee, Brandon Lee meninggal secara tragis saat syuting film “The Crow”. Pistol yang digunakan dalam satu adegan untuk menembaknya, ternyata masih berisi peluru. Syuting sempat tertunda selama beberapa waktu, tapi akhirnya stuntman dan CGI digunakan untuk menyelesaikan sisa adegan yang belum sempat dilakukan oleh Brandon Lee. Film “The Crow” kemudian didedikasikan untuk Lee dan tunangannya, Eliza.

2. Oliver Reed

Oliver Reed (Hai Online)
Oliver Reed (Hai Online)

Sama seperti Paul Walker, Oliver Reed meninggal dunia ketika film “Gladiator” belum selesai difilmkan. Bedanya, Oliver meninggal karena serangan jantung pada tahun 1999, bukan kecelakaan. Akhirnya, CGI digunakan untuk menyelesaikan semua adegan Oliver. Seorang stuntman digunakan sebagai badan, dan ‘digital mask’ Oliver diletakkan di wajah sang stuntman. Hasilnya pun tampak sempurna.

3. Roy Scheider

Roy Scheider (Hai Online)
Roy Scheider (Hai Online)

Roy Scheider meninggal saat semua adegannya di film “Iron Cross” belum rampung. Akhirnya, sutradara Josh Newton dan makeup artist Louis Lazzara mencari cara agar Roy ‘hidup’ kembali. Selain dengan CGI, Roy Scheider dibangkitkan dengan cara lain, yaitu dengan menggunakan sebuah topeng latex yang mirip dengan wajah Roy pada aktor pengganti Roy.

4. Philip Seymour Hoffman

Philip Seymour Hoffman (Hai Online)
Philip Seymour Hoffman (Hai Online)

Philip Seymour Hoffman ditemukan tewas karena overdosis obat di kamar mandi di Manhattan dengan jarum suntik masih tertancap di lengannya. Saat itu syuting dirinya untuk film “The Hunger Games: Mockingjay – Part 2” masih belum selesai. Berkat kecanggihan CGI, aktor tersebut bisa ‘hidup’ kembali. Veteran effects supervisor, Rob Legato mengatakan memang mudah menghadirkan kembali Hoffman, tapi aktingnya tak akan tergantikan. (tom)