Banjarnegara banyak dikenal karena musibah tanah longsor yang terjadi di wilayah ini akhir tahun 2014 kemarin. Namun, Banjarnegara memiliki destinasi wisata yang menarik yang wajib kamu kunjungi kalau kamu sedang berlibur ke sana. Ini dia keindahan Banjarnegara yang layak jadi wisata terbaik versi JadiBerita:

1. Kawah Sileri

Kawah Silare (berbagai sumber)

Kawah Sileri ini merupakan kawah terluas di dataran Dieng. Terletak di desa Kepakisan Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara, jaraknya sekitar 7 km dari poros Dieng, kawah ini berada di gugusan gunung pagerkandang. Meski digolongkan sebagai gunung vulkanik aktif, namun keindahan kawah sileri tidak dapat dipungkiri. Kawah Sileri menawarkan pemandangan alam yang hangat karena uapnya selalu muncul dari air yang mengenangi kawah. Air dari kawah ini berwarna sama seperti Leri, yakni merupakan air bekas cucian beras yang berwarna agak hitam kecoklatan. Itulah sebab kawah ini diberi nama “Sileri”.

2. Curug Sirawe

Curug Sirawe (berbagai sumber)

 

Dengan ketinggian 80 meter ini, curug ini terletak di dusun Bitingan, desa Kepakisan, kecamatran Batur, kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Tetapi pemerintah Batang mengakui bahwa air terjun ini sudah termasuk milik Batang, dikarenakan aliran air dari curug ini sudah berada di wilayah kabupaten Batang, tepatnya dusun Sigemplong, desa Pranten, kecamatan Bawang. Namun sangat disayangkan, kedua belah pihak belum mengolah keindahan alam yang bisa memikat pengunjung ini.

3. Taman Rekreasi margasatwa serulingmas

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (berbagai sumber)

 

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas atau yang biasa disebut Kebun Binatang Selamanik oleh penduduk setempat merupakan ikon wisata Banjarnegara. Terletak 1 km dari alun-alun Banjarnegara ke arah barat dan bisa dicapai dengan angkutan kota, ojek sepeda motor, atau dokar. Tempat wisata ini berada di bantaran sungai Serayu, sungai yang menjadi sumber pambangkit Listrik  tenaga air Mrica kecamatan Bawang.

4. Curug Pitu

 

Curug Pitu, penamaan yang berasal dari bahasa Jawa. Curug yang berarti air terjun dan pitu berarti tujuh, karena curug ini memiliki 7 tingkatan atau undakan. Terletak dekat dengan sentra Salak Pondok, curug ini jarang dijamah oleh ramainya manusia.

5. Surya Yudha park

Surya Yudha Park (berbagai sumber)

Ini salah satu tempat terbaru di Banjarnegara yang paling seru dan menarik. Kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke New York, AS ataupun Singapore demi berfoto di depan patung Liberty dan Merlion, karena sekarang mereka ada di Banjarnegara, lho. Ya, miniatur kedua patung ini sengaja didesain oleh putra Banjarnegara sendiri di kawasan taman rekreasi terbaru di Banjarnegara pada akhir 2012 lalu.