Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini laptop menjadi separuh nyawa sebagian besar orang. Baik dia mahasiswa, pelajar ataupun pekerja. Lalu bagaimana untuk merawat laptop agar tahan lama dan tidak menggangu aktivitasmu? Dikutip dari hipwee.com, ini dia langkah sederhana untuk merawat laptop kesayanganmu:

1. Jauhkan dari air

Cantik memang, mengambil potret laptop kesayangan yang ditemani dengan secangkir kopi lalu diupload ke instagram ataupun sosial media lainnya. Tetapi, kamu jangan ambil resiko. Jauhkan laptopmu dari segala macam air. Kalau sampai ada tetesan air mengenai laptopmu, siap-siap saja kamu meneteskan air mata.

2. Jangan menghibernate

Jangan lakukan kebiasaan ini ya, den, non. Kebiasaan kecil ini berakibat sangat buruk untuk latopmu. Memangnya, selama apa sih laptopmu menyala ketika starting dari awal? Atau, kamu semalas apa, sih, untuk menyimpan terlebih dulu data-data yang kamu butuhkan atau kamu kerjakan kemudian mematikan laptopmu seutuhnya? Kasihan laptopmu kalau hanya kamu hibernate dengan tetap mengaktifkan berbagai software dan program. Dia juga butuh istirahat total, lho.

3. Jangan main laptop diatas kasur

Hayo kamu harus mengaku kalau kamu sering memainkan laptopmu di atas kasur? Kurangi kebiasaan ini ya, karena ternyata ini juga berbahaya bagi umur laptopmu. Kenapa? Karena kasur atau bantal akan menutupi kipas laptopmu sehingga sirkulasi udaranya terganggu, hal ini bisa menyebabkan overheating.

4. Jangan mengunduh software sembarangan

Internet memang memudahkan kita untuk mendapatkan berbagai hal yang kita inginkan, termasuk menginstall aplikasi tanpa menggunakan CD (Compact Disk). Namun, hati-hati ya kalau mau mengunduh software atau aplikasi dari internet. Unduh aplikasi atau software dari situs terpercaya.

5. Jangan Meletakkan barang-barang di atasnya

Laptopmu bukan alas untuk meletakkan barang-barang di atasnya, apalagi untuk menyimpan buku-bukumu yang berat. Membebani laptop dengan barang-barang berpotensi merusak LCD dan optical drive yang ada di dalam laptop.

(anb)