Artikel ini akan mengulas manfaat dari mandi menggunakan air dingin bagi tubuh. Selain merasakan sensasi kesegarannya, apalagi yang kamu rasakan ketika mandi menggunakan air dingin? Apakah kamu tipe orang yang harus mandi menggunakan air hangat, cobalah ubah kebiasaan tersebut, karena tanpa disadari, mandi menggunakan air dingin memiliki banyak manfaat, lho. Menurut JadiBerita ini dia daftar manfaatnya:

1. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh

Mandi menggunakan airdingin, terlebih dipagi hari, tubuh memproduksi sel darah puth lebih banyak. Sel darah putih inilah yang berfungsi sebagai tameng bagi tubuhmu. Sel darah putih yang dihasilkan ada 2 jenis, yakni limfosit yang menangkal bebagai virus, kuman dan bakteri yang mengancam tubuhmu, dan monosit yang secara tidak langsung bertanggungjawab atas engulfing dan memakan pantogen dan benda asing.

 

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang lancar sangat baik dan diperlukan oleh tubuh. Ketika tubuh terkena air dingin, arteri dan vena akan mengalami proses â??vasokonstriksiâ??, yakni pengencangan arteri dan vena yag membantu darah mengalir pada tekanan yang lebih tinggi. Dengan lancarnya sirkulasi atau aliran darah ini akan mengurangi berbagai peradangan dalam tubuhmu.

 

3. Menjaga rambut dan kulit tetap sehat

Air dingin memperkuat akar rambut, memperketat kutikula dan pori-pori yang membuat rambut kuat dan tidak mudah rontok. Begitu juga dengan kulit, air dingin mengecilkan pori-pori sehingga wajaht dapat dihindari dari jerawat.

4. Mengurangi depresi

Penelitian di Departemen Radiasi Onkologi di Virginia Commonwealth University menunjukkan bahwa air dingin merangsang dan memmpengaruhi otak â??biru spotâ?, sumber nonaderenalin. Dimana nonadrenalin adalah bahan kimia yang dapat digunakan untuk meringankan stress dan depresi.

 

5. Mengatur suhu

Air dingin mengaktifkan sistem perbaikan adaftif tubuh. Karena disadari atau tidak, kedinginan yang dirasakan ketika selesai mandi air dingin tidak akan lama, dibandinkan jika mandi menggunakan air hangat, selesai mandi kita justru merasa kedinginan.

(anb)