Bandara adalah tempat yang pertama dikunjungi saat kamu bepergian ke luar negeri. Biasanya bandara dibangun di tempat yang aman atau jauh dari tempat yang memungkinkan terjadinya bahaya. Namun ada juga bandara yang justru dibangun di tempat yang tidak biasa dan cukup ekstrem. Dilansir dari Quora, Minggu (12/4/2015), berikut adalah 5 landasan pesawat paling ekstrem sedunia.

1. Tenzing-Hillary Airport

Tenzing-Hillary Airport (A Caviation Life)
Tenzing-Hillary Airport (A Caviation Life)

Terletak di negara Nepal, bandara ini dibangun di kota Lukla, yang merupakan nama bandara ini sebelum berganti nama. Memiliki panjang landasan 460 meter dan jurang terjal yang sudah menunggu di akhir landasan, membuat bandara ini hanya bisa didarati oleh pesawat kecil dan helikopter saja. Selain itu pilot pesawat juga harus pandai mengemudikan pesawatnya, karena landasannya cukup pendek. Bila salah sedikit, maka fatal akibatnya. Nama Tenzing-Hillary diambil dari nama dua orang pendaki yang pertama kali berhasil mencapai puncak Gunung Everest.

2. Barra Airport

Barra Airport (BBC)
Barra Airport (BBC)

Bisa dibilang kalau bandara yang berada di Skotlandia ini tidak memiliki landasan. Hal itu dikarenakan bandara ini menggunakan pantai Traigh Mhor sebagai landasan pesawatnya. Kepadatan pasir pantai membuat tempat tersebut cocok bagi pendaratan pesawat-pesawat kecil. Saat ada pesawat yang terbang rendah, pengunjung pantai harus menyingkir agar pesawat dapat melakukan pendaratan.

3. Male International Airport

Male International Airport (Male Airport)
Male International Airport (Male Airport)

Bandara ini dibangun di pulau karang, Hulhule dan hanya berada sekitar 2 meter saja di atas permukaan laut. Selain itu, panjang landasan juga bisa dibilang ‘pelit’, sehingga jika terjadi salah perhitungan, maka dipastikan pesawatnya akan jatuh ke Samudera Hindia. Keunikan lain dari bandara ini pulau dimana bandara ini dibangun hanya khusus untuk bandara saja, sehingga jika ingin berwisata, maka kamu harus menggunakan speedboat ke tempat tujuan kamu.

4. Juancho E. Yrausquin Airport

Juancho E. Yrausquin Airport (Flickr)
Juancho E. Yrausquin Airport (Flickr)

Bandara yang dibangun di Saba, Kepulauan Karibia ini bisa dibilang hanya untuk yan bernyali tinggi. Pasalnya, bandara ini mendapatkan predikat sebagai bandara dengan landasan terpendek di dunia, yaitu hanya 396 meter saja. Keekstreman ini masih ditambah dengan tingginya tebing di sekitar bandara. Pesawat jet tidak bisa mendarat di bandara ini dikarenakan oleh pendeknya landasan. Hanya pesawat-pesawat kecil saja yang bisa secara aman mendarat disini.

5. Kai Tak Airport

Kai Tak Airport (Hongwrong)
Kai Tak Airport (Hongwrong)

Banyak lembaga survei menyebut salah satu bandara di Hong Kong ini adalah bandara yang menakutkan. Pilot yang bertugas dalam rute Bandara Kai Tak ini selalu disulitkan oleh kencangnya angin karena bandara ini berada di lembah dikelilingi oleh pegunungan dan gedung-gedung pencakar langit Hong Kong. Kini bandara ini sudah tidak digunakan lagi. (tom)