Indonesia memiliki ragam kuliner yang menarik dan memanjakan lidah. Asin, asam, manis, pedas dan pahit akan bertemu dengan titik-titik rasa di lidah. Kemudian, pedas menjadi salah satu rasa favorit orang Indonesia. Dikutip dari hipwee.com, inilah daftar kuliner terpedas di Nusantara:

1. Mie Setan, Malang

Mie Setan (berbagai sumber)

Di kota Malan banyak terdapat kuliner menarik yang pedas dan yang paling terkenal adalah Mie Setan ini Mie setan adalah mie pangsit yang ditaburi dengan daging ham dan suwiran ayam Untuk merasakan sensasi pedasnya kamu dapat memilih level 1 dengan 12 cabai level 2 dengan 25 cabai Atau bahkan level 5 dengan 60 cabai

2. Sate Petir, Jogjakarta

Sate Petir (lokasiasik.com)

 Warung kecil yang berada di Jalan Ringroad Selatan 90, Jogjakarta ini memiliki menu andalan sate kambing yang terkenal sangat pedas di kota pelajar ini. Sesuai dengan kota ini yang disebut kota pelajar, maka level pedasnya pun mengikuti tingkatan sekolah, yakni TK, SD, SMP, SMA, D3, S1, S2, S3 serta level paling pedasnya adalah pendekar.

3. Sego Sambel Mak Yeye, Surabaya

Sego Sambel Mak Yeye (berbagai sumber)

Kuliner pedas ini berlokasi di Jalan Wagir Wetan No 12. Meskipun hanya beratapkan tenda sederhana, namun tenda makan ini selalu ramai dikunjungi pecintanya. Kamu harus rela antre dan menunggu sekitar 30 menit sebelum menyantap pesananmu. Apapun makanan yang disediakan di tenda makan ini akan lebih sempura dan ‘menampar’ kamu jika dilengkapi dengan sambal mak yeye ini.

4. Nasi Goreng Rempah Mafia, Bandung

Nasi Goreng Mafia (berbagai sumber)

Nasi goreng yang paling pedas ini pertama kali muncul di Bandung. Pedas yang muncul ketika memakan nasi goreng ini berasal dari panasnya nasi goreng dan pedasnya lada bumbu-bumbu nasi goreng ini. Untuk kamu yang ingin mencicipinya tidak perlu jauh-jauh ke Bandung, karena saat ini nasi goreng terpedas ini telah hadir di daerah Tebet, Jakarta Selatan.

5. Ayam Goreng Bu Toha, Semarang

Ayam Goreng Bu Toha (berbagai sumber)

Warung sederhana milik Ibu Toha yang berlokasi di daerah Tuntang, Jalan Raya Semarang-Salatiga ini menawarkan menu makanan dengab lau ayam, bebek dan rempo ati. Menu utama dari warung Bu Toha adalah ayam kampung goreng yang disajikan dengan nasi hangat dan sambal bawang yang benar-benar pedas.

(anb)