5 Hal yang Bikin Kamu Kangen Indonesia

Siapa yang tidak ingin liburan atau wisata ke luar negeri? Kebanyakan orang pasti mendambakan bisa liburan ke luar negeri. Meski demikian, jika tujuan itu sudah tercapai, tentunya sebagai orang Indonesia, pada akhirnya mereka akan merasa kangen juga dengan tanah kelahirannya. Berikut ini adalah 5 hal yang bikin kamu kangen Indonesia saat liburan ke luar negeri, dikutip dari Kaskus, Selasa (14/4/2015).

1. Nasi

Nasi putih (Khairuddinuad.wordpress)
Nasi putih (Khairuddinuad.wordpress)

Bagi orang Indonesia, rasanya belum makan jika belum â??kenaâ?? nasi. Nasi akan jadi makanan pertama yang bikin kamu kangen Indonesia saat liburan ke luar negeri. Apalagi jika liburan ke negara yang tidak banyak menu nasinya. Setelah lebih dari seminggu, traveler Indonesia biasanya tak tahan dan akan mencari menu nasi. Ada juga yang tak bisa melewatkan nasi sehingga mencari restoran. Intinya, kamu akan menemukan segala cara untuk menemukan tempat yang menjual kuliner berbahan dasar nasi dengan harga yang agak terjangkau.

2. Sambal

Sambal (Kaskus)
Sambal (Kaskus)

Masih seputar makanan, orang Indonesia kebanyakan kalau makan identik dengan menambahkan sambal. Sedangkan, tidak semua negara memiliki kuliner lengkap dengan sambalnya seperti itu. Kebanyakan hanya negara di Asia yang punya sambal. Itupun belum tentu masuk dalam selera lidah kamu. Tak heran jika traveler yang ingin ke luar negeri biasanya membawa botol sambal Indonesia yang bisa awet hingga berminggu-minggu, hitung-hitung sebagai obat kangen.

3. Harga Murah

Obral (Kaskus)
Obral (Kaskus)

Sekarang ini harga barang di Indonesia semakin mahal. Namun saat liburan ke luar negeri, barulah terasa betapa murahnya barang yang ada di Indonesia. Memang ada beberapa negara yang biaya hidupnya lebih murah dari Indonesia seperti Vietnam. Namun orang Indonesia lebih memilih liburan ke Singapura dibanding Vietnam. Sedangkan, biaya hidup di Singapura lebih tinggi dari Indonesia.

4. Udara Tropis

Tropis (Anneahira)
Tropis (Anneahira)

Kebanyakan orang di Indonesia apalagi di kota besar tak bisa lepas dari ruangan dengan pendingin. Karena Indonesia merupakan negara tropis yang kebetulan dilewati Garis Khatulistiwa, tentu udara di sini seringnya panas. Tak sedikit traveler yang sengaja ke negara 4 musim untuk merasakan salju di musim dingin. Namun kalau terlalu lama di sana, pasti kamu kangen dengan udara panas yang ada di Indonesia.

5. Mie Instan

Mie instan (Feed.id)
Mie instan (Feed.id)

Satu lagi yang Indonesia banget adalah mie instan. Bukan berarti kamu tak bisa menemukan mie instan di luar negeri, karena sebenarnya banyak jenis mie instan yang dijual di negara-negara lain. Tapi tidak semua memiliki gaya dan selera penyajian yang sama. Di Korea, mie instan biasanya dimakan bersama kimchi atau seafood. Tak ada yang mengalahkan kelezatan mie instan Indonesia yang dimakan bersama telur, sawi, dan cabe rawit. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

One Direction Temukan Pengganti Zayn Malik?

Letusan Tambora NTB: Warga Eropa Makan Tikus, Orang China Lumat Tanah