Gedung-gedung pencakar langit seringkali menjadi pusat perhatian karena memiliki ketinggian yang berbeda dengan gedung-gedung lain yang berada di sekitarnya. Kalau kamu ingin tahu bagaimana sensasinya berada di atas ketinggian rata-rata dan ingin melihat keindahan dunia dari atas ketinggian, kunjungi gedung-gedung tertinggi di dunia versi JadiBerita berikut ini:

1. Burj Khalifa

Burj Khalifa (gentside.com)

Tahun 2010, Burj Khalifa menjadi gedung tertinggi dari seluruh bangunan yang ada di dunia. Gedung yang berlokasi Dubai, Uni Emirat Arab diangun tahun 2004 dengan keringgian mencapai 828 m dan jumlah lantai 160 lantai

2. Shanghai Tower

Shanghai Tower (berbagai sumber)

Gedung ini memiliki 128 lantai dan tingginya mencapai 2.073 kaki atau sekitar 632 meter. Gedung yang juga bisa digunakan untuk memacu adrenalin para pemberani ini menjadi gedung ketiga tertinggi di dunia.

3. Abraj Al-Bait

Abraj Al-Bait (home-designing.com)

Abraj Al-Bait Tower atau dikenal juga dengan nama Mecca Royal Hotel Clock Tower. Letaknya berada dekat di selatan pintu masuk Masjidil Haram. Terdapat tujuh menara dengan satu menara yang dinamakan Hotel Tower memiliki ketinggian di atas 6 menara lainnya (tinggi 601m) yang diperkhususkan untuk apartemen, bangunan di bawah tujuh menara ini diisi dengan 5 lantai pusat perbelanjaan, ruang konferensi, dan fasilitas-fasilitas yang lain (termasuk ruang beribadah yang sanggup menampung hingga 10.000 orang). Dengan ketinggian 601 meter, menara ini memiliki 120 lantai.

4. International Commerece Centre

International Commerce Centre (berbagai sumber)

ICC Tower merupakan bagian dari Union Square proyek yang dibangun di atas Kowloon Station, West Kowloon, Hong Kong. Saat ini, ICC menjadi bangunan tertinggi di Hong Kong dengan ketinggian 484 meter dan memiliki 108 lantai.

5. Marina 101

Marina 101 (arabianbusiness.com)

Dengan ketinggian yang mencapai 1.399 kaki atau sekitar 426 meter membuatnya menjadi gedung tertinggi ke-21 di dunia. Proyek yang sempat terhenti karena krisis keuangan global ini memiliki 101 lantai yang membuatnya terlihat sangat tinggi.

(anb)