Banyak kita temui anak kembar di sekitar kita, bahkan saudara atau teman kita sendiri mungkin merupakan anak kembar. Banyak hal menarik yang bisa kita ambil pelajaran dari anak kembar ini, mulai dari sebelum lahir, setelah lahir, sampai pada masa tumbuh kembangnya atau masa dewasanya. Berikut adalah 5 fakta unik anak kembar, seperti dilansir dari Kaskus, Kamis (16/4/2015).

1. Anak kembar bisa berasal dari ayah biologis yang berbeda

Kembar (Kaskus)
Kembar (Kaskus)

Pada tahun 2009, Mia Washington melahirkan anak kembar dari dua ayah yang berbeda, ini adalah kejadian 1:1.000.000. Dalam bulan yang sama, ketika sudah terjadi pembuahan, ia melakukan hubungan dengan laki-laki lain dan terjadi lagi pembuahan, sehingga lahirlah dua bayi kembar dari dua ayah. Pada tahun 2011, hanya ada 3 kasus yang diketahui dari kejadian ini. Tentunya contoh kasus ini tidak perlu dicontoh.

2. Kembar bisa berbeda ras

Kembar beda ras (Kaskus)
Kembar beda ras (Kaskus)

Contoh kasusnya adalah yang terjadi pada Kian dan Remee, atau Lucy dan Maria Aylmer asal Inggris. Ini adalah hasil dari satu dalam satu juta kombinasi gen orangtua mereka, yang ras campuran. Jika orang tua ras campuran, telur atau sperma mengandung kode genetik dari kedua orang tuanya, kulit hitam dan putih dan dalam kasus yang sangat sedikit ini menghasilkan kembar warna kulit yang berbeda.

3. Kembar merupakan cerminan satu sama lain

Kembar (Kaskus)
Kembar (Kaskus)

Sekitar 25% dari kembar identik ketika saling berhadapan langsung adalah seperti cermin. Salah satunya adalah sering terjadi sama-sama kidal, sementara anak-anak lain tidak. Mereka juga mungkin memiliki tanda lahir di sisi berlawanan dari tubuh mereka.

4. Cara termudah untuk membedakan kembar identik terpisah adalah pusar mereka

Kembar (Kaskus)
Kembar (Kaskus)

Pusar adalah bekas luka dari detasemen tali pusat, sehingga mereka bukan disebabkan oleh genetika dan masing-masing memiliki keunikan. Bingung membedakan? Lihat saja pusarnya.

5. Hampir setengah dari anak kembar menciptakan bahasa mereka sendiri

Kembar (Kaskus)
Kembar (Kaskus)

Kedekatan kembar membentuk bahasa otonom yang hanya mereka bisa mengerti. Karena bayi selalu dekat, bahasa otonom jauh lebih umum pada anak kembar, dengan sekitar 40% dari kembar membentuk bahasa mereka sendiri sebelum mereka belajar satu bahasa yang biasa kita gunakan dan bisa kita mengerti. (tom)