Asyik ya kalau jalan-jalan berwisata bersama dengan pacar, apalagi kalau berkunjung ke tempat-tempat wisata alam. Tapi hati-hati, ya, karena ternyata ada tempat wisata yang cantik yang justru memiliki mitos kalau kamu datang kesana dengan pasanganmu, hubungan kalian justru akan berakhir. Ini dia 5 tempat wisata yang memiliki mitos putus cinta versi JadiBerita:

1. Baturaden

Baturaden (berbagai sumber)

Taman wisata ini terletak di Kecamatan Baturaden, Banyumas. Di taman wisata ini terdapat air rerjun dan goa yang cantik dan memukau mata. Usul punya usul, mitos putus cinta yang ada di tempat ini berasal dari cerita jaman dahulu. Dimana ada seorang anak bupati (Raden) yang menjalin asmara dengan anak pembantu (batur), namun hubungan mereka ditentang. Kemudian mereka berdua memutuskan jalinan asmara mereka disebuah hutan yang kemudian dinamakan Baturaden. Berdasarkan pengalaman pasangan yang sudah ke sana, hubungan mereka akan kandas di tengah jalan setelah 2 minggu mengunjungi tempat ini.

2. Kebun raya bogor

Jembatan Merah di Kebun Raya Bogor (kaskus.co.id)

Sesuai namanya, taman wisata ini sudah pasti terletak di Kota Bogor. Tempat ini dapat dikunjungi oleh berbagai kalangan dan usia, karena tempatnya yang sejuk dan nyaman, di tempat ini anak-anak dapat belajar dan mengenal lebih dekat mengenai tumbuhan. Lalu bagaimana kalau kamu berkunjung ke sini dengan pasanganmu? Sebenarnya tidak jadi masalah, hanya saja ada satu lokasi di Kebun Raya Bogor ini yang memiliki mitos putus cinta, yakni Jembatan Merah yang terletak di utara taman wisata ini. Mitos yang beredar mengatakan bahwa kalau kamu menyebrangi jembatan ini bersama pasanganmu, maka hubunganmu dan dia akan berakhir. Berani coba?

3. Candi prambanan

Candi Prambanan (wikipedia.org)

Legenda terkenal yang melekat dengan Candi Prambanan ini adalah kisah Roro Jonggrang yang meminta Bandung Bondowoso untuk membuatkannya seribu candi dalam waktu semalam sebagai syarat agar mau menikah dengan Bandung Bondowoso. Setelah Bandung Bondowoso menyanggupi dan berhasil menciptakan seribu candi tersebut dengan bantuan jin, Roro Jonggrang justru mengkhianati janjinya. Bandung Bondowoso murka dan kemudian mengutuk Roro Jonggrang sebagai pelengkap di candi tersebut. Tidak sampai di situ, Bandung Bondowoso juga mengutuk seluruh wanita yang turut membantu Roro Jonggrang. Itulah asal mula mitos putus cinta di tempat wisata yang terletak di Jawa Tengah ini.

4. Coban Rondo

Coban Rondo (berbagai sumber)

Wisata air terjun yang memiliki ketinggian 84 meter ini terletak di daerah Pujon, Malang dan terkenal dengan keindahannya. Kisah asmara yang menyedihkan yang mengawali mitos putus cinta di tempat wisata ini adalah legenda seorang putri bernama Dewi Anjarwari yang meratapi nasibnya menjadi janda (rondo, dalam bahasa Jawa) setelah ditinggal mati oleh Raden Baron Kusumo.

5. Grojogan Nglirip

Grojogan Ngilirip (hi-indonesia.com)

Tempat wisata air terjun dengan ketinggian 30 meter yang terletak di Kabupaten Tuban ini memiliki mitos bahwa siapapun yang mengunjungi tempat ini bersama pasangannya dalam jangka waktu 40 hari maka hubungan mereka akan berakhhir.

(anb)