Beberapa hari belakangan ini, dunia maya sedang diramaikan dengan sesuatu yang sebenarnya cukup sederhana, namun bisa menjadi fenomena di dunia maya. Hal itu adalah meme dengan tagar ‘gue mah gitu orangnya’.

Kata-kata tersebut mampu menjadi fenomena karena bisa mengundang tawa siapapun yang membacanya. Meme tersebut sudah tersebar cukup banyak di dunia maya, dan yang membuatnya bisa dikatakan cukup kreatif, karena banyak variasinya.

Misalnya saja seperti ini: “temen yang nikah, gw yang malam pertama. #gwmahgituorangnya”. Meme seperti ini memang menampilkan sesuatu yang tidak normal, dan kemudian dibuat menjadi lelucon, yang uniknya hampir semua orang mampu menerima lelucon seperti itu.

Kamu pasti bertanya-tanya, sebenarnya dari mana asal mula kata-kata meme seperti itu? Berdasarkan rasa penasaran, JadiBerita mencoba untuk menelusuri awal mula meme tersebut ke Twitter. Dalam penelusuran, penulis mendapatkan salah satu tweet, yang bisa kamu lihat di bawah ini.

Awal mula gue mah orangnya gitu? (Twitter)
Awal mula gue mah orangnya gitu? (Twitter)

Fokus ke tweet yang paling bawah. Kemungkinan tweet yan ditulis 4 hari lalu tersebut adalah awal mula dari meme yang sudah bertebaran seperti sekarang ini. Dugaan ini berdasarkan pada tidak adanya tweet yang menyertakan tagar #guemahgituorangnya sebelum tweet yang sudah ditampilkan di atas, yang merupakan tweet dari akun Twitter bernama @ZakkyID.

Jika kamu melihat ke tweet setelah itu, mulailah bermunculan tweet yang menggunakan kata-kata ‘gue mah gitu orangnya’, yang semakin hari semakin unik dan kocak kata-katanya. Tweetnya sendiri juga tidak datang dari satu orang saja, melainkan sudah ada beberapa orang.

Namun pada Rabu Kamis 16 April kemarin, seorang penyanyi dangdut iMeyMey merilis lagu “Gue Mah Gitu Orangnya”. Pada hari yang sama, hashtag “Gue Mah Gitu Orangnya” masuk Trending Topic Dunia di Twitter.

Lagu ini diciptakan oleh Tjahjadi Djajanata dan Ishak dan diproduksi oleh perusahaan rekaman Sani Music Indonesia.  Tjahjadi dan Ishak dikenal andal dalam menerjemahkan fenomena meme menjadi lagu dangdut yang populer.

Sebelum lagu “Gue Mah Gitu Orangnya”, duo tersebut juga yang menciptakan lagu Sakitnya Tuh Di Sini (Oktober 2014) dan Aku Mah Apa Atuh (Januari 2015) yang dinyanyikan oleh artis Sani Music juga, Cita Citata.
Lantas apakah kepopuleran perkataan ini terkait dengan perilisan lagu? Bagaimana menurut Aden dan Enon JBers? (tom)