Dalam menjalani suatu tugas dan tanggung jawab, kita harus melakukannya dengan ikhlas dan bahagia agar kita tidak merasa berat dan mengluh dengan pekerjaan yang kita lakukan. Kebahagiaan lahir dan batin harus seimbang sebagai sifat manusiawi yang sudah menjadi kodrat. Dikutip dari lifehack.org, berikut hal-hal yang harus kamu lakukan agar hidupmu selalu bahagia:

1. Memberi

Dengan banyak memberi akan membuat hidup lebih berkah. Terlebih ketika melihat senyuman dan ucapan â??terimakasihâ?? dari seseorang yang kita bantu akan memberikan rasa bahagia tersendiri pada diri kita. Kamu akan merasa lebih berguna dan akan semangat menjalani hidup ini.

2. Jangan berorientasi pada materi

Meskipun uang bukan segalanya, namun segalanya mudah karena uang, bukan berarti kamu harus mendewakan uang dan segala hal berbau materi. Mengukur materi dan mengikuti hasrat dunia tidak akan ada habisnya. Salah-salah, kamu justru stress sendiri dibuatnya.

3. Ikuti passion

Jangan merasa takut gagal untuk memulai sesuatu yang kamu rasa sesuai dengan minat dan keahlianmu. Jatuh-bangun dalam hidup adalah hal biasa yang dinamakan perjuangan. Bekerja sesuai dengan passion akan membuatmu lebih bahagia karena kamu merasa nyaman dan tidak ada beban yang berarti.

4. Memetik hikmah dari setiap kejadian

Jangan selalu mengeluh dan berpikiran negatif tentang musibah yang sedang kamu hadapi. Buka matamu dan cari sisi positifnya. Misalnya, kamu kehilangan uangmu, mungkin saja itu pertanda bahwa kamu harus lebih banyak memberi kepada oranglain. Bukan tidak mungkin jika kelak nanti kamu akan mendapat rejeki yang lebih jika kamu mengikhlaskannya.

5. Jangan hidup dalam drama

Meskipun dunia adalah panggung sandiwara, tetapi jangan sembarangan memerankan lakon ya. Hidup hanya sementara, masa kamu mau hidup pada drama di dalam drama. Oleh karena itu, jangan terbuai oleh dramatisasi kehidupan agar tidak dikadali oleh hal yang bersifat duniawi semata.

(anb)