Kereta merupakan salah satu transportasi umum yang disukai oleh banyak kalangan masyarakat. Karena, kereta api memilki waktu tempuh yang singkat dan bebas hambatan macet. Namun ternyata di beberapa negara, selain alasan di atas, ada yang menjadi daya tarik lain masyarkat memilih kereta api sebagai alat mobilisasinya. Stasiun kereta. Arsitektur stasiun yang indah kadang memikat daya tarik wisatawan untuk berkeliling dengan kereta api. Ini dia 5 staisun kereta paling keren di dunia versi JadiBerita:

1. Antwerpen Central, Belgia

Antwerpen Central Station (wikimedia.org)

Stasiun yang dibuka pada tahun 1905 merupakan stasiun utama di Antwerpen, kota terpadat kedua Belgia. Antwerpen Central didesain oleh Louis Delacenserie yang memiliki gaya arsitektur yang sulit dikategorikan. Tetapi tampilan eklektiknya terlihat begitu menawan. Stasiun kereta ini mempunyai desain yang unik, yaitu seperti gereja dengan kubah besar di atapnya, serta kubah kecil di sisi-sisi pojok bagian atas bangunan. Karena itu, sebagian masyarakat luas lebih sering menyebut stasiun ini sebagai Stasiun Kereta Katedral.

2. Chhatrapati Shivaji Terminus, India

Shivaji Terminus (travelokam.com)

Stasiun yang terletak di kota Mumbai ini merupakan salah satu stasiun tersibuk di India. Dirancang oleh arsitek asal Inggris, Frederick William Stevens. Nilai arsitektur tinggi yang ada di dalam stasiun ini adalah adanya pembauran dua model arsitektur yaitu antara model gothic barat dengan model india tradisional. Pada tahun 2004, staisun ini berhasil masuk daftar salah satu bangunan warisan dunia.

3. La Gare de Strasbourg

La Gare de Strasbourg (wikimedia.org)

Arsitek yang mendesain staiun ini pertama kali adalah Johann Jacobsthal, asal Berlin, pada tahun 1883. Kemudian direnovasi lagi pada tahun 2007 yang menambahkan rangka kaca serta 120 meter konstruksi kaca di bagian luar, sehingga stasiun ini nampak bagaikan permata yang bersinar bila diterpa oleh sinar matahari.

4. Kingâ??s Cross London, UK

King’s Cross London (littlefarringdon.co.uk)

Stasiun yang menjadi setting Harry Potter ini merupakan salah satu stasiun terbesar dan terpenting di London. Stasiun ini terkenal karena arsitekturnya yang mengagumkan, yaitu platform 9 ¾ yang katanya akan membawa kita ke Hogwarts. Dihiasi dengan dengan ornamen struktur baja setinggi 20 meter yang berpola berlian dan segitiga membuat estetika bangunan ini semakin indah.

5. Estacion de Atocha, Spanyol

Estacion de Atocha (uniqpost.com)

Estacion de Atocha di Spanyol menyajikan hutan dalam stasiun. Lho, bagaimana bisa? Ya, di dalam stasiun ini dibuat sebuah miniatur taman yang menyerupai hutan rimba untuk menambah kesan natural di stasiun ini. Stasiun ini awalnya dibuat pada tahun 1851, kemudian pada tahun 1992, mulailah ditambahkan hutan mini seluas 4.000 meter karya Rafael Moneo.

(anb)