ayah dan anak (viva)

Selain ibu, sosok ayah juga sangat berjasa dalam kehidupan anak-anaknya. Ayah berperan penting dalam menjaga buah hatinya dari segala hal yang bisa membahayakan mereka. Bahkan, ayah juga memegang status tertinggi dalam anggota keluarga yakni menjadi pemimpin yang menjadi acuan untuk diikuti oleh istri dan anak.

Jika melihat peranan dari ayah, tak heran jika ada peringatan hari ayah di dunia. Saat memperingati hari ayah, biasanya orang-orang akan mencari dan mendengarkan lagu yang juga bertema ayah. Inilah 5 lagu Indonesia tentang ayah versi JadiBerita.

1. Ada Band ft Gita Gutawa – Yang Terbaik Bagimu (Ayah)

Di posisi pertama, Yang Terbaik Bagimu (Ayah) menjadi salah satu Indonesia yang berkisah tentang sosok ayah. Lagu yang dipopulerkan oleh Ada Band feat Gita Gutawa ini menceritakan tentang kenangan seorang anak bersama ayahnya. Berikut penggalan lirik lagu Yang Terbaik Bagimu (Ayah) dari Ada Band feat Gita Gutawa.

Teringat masa kecilku
Kau peluk dan kau manja
Indahnya saat itu
Buatku melambung
Disisimu terngiang
Hangat nafas segar harum tubuhmu
Kau tuturkan segala mimpi-mimpi
Serta harapanmu

2. Rinto Harahap – Ayah

Musisi senior, Rinto Harahap juga memiliki sebuah lagu tentang Ayah. Lagu yang diberi judul Ayah ini mengisahkan kerinduan seorang anak kepada ayahnya. Karya milik Rinto ini menjadi lagu yang paling banyak didengar saat peringatan hari ayah. Inilah sepenggal lirik lagu Ayah yang dinyanyikan Rinto Harahap.

Untuk ayah tercinta
Aku ingin bernyanyi
Walau air mata di pipiku
Ayah dengarkanlah
Aku ingin berjumpa
Walau hanya dalam mimpi

3. Ebiet G. Ade – Titip Rindu Buat Ayah

Selanjutnya, Titip Rindu Buat Ayah milik Ebiet G. Ade juga menjadi salah satu lagu Indonesia yang mengisahkan sosok kepala keluarga itu. Pada lagu ini, Ebiet menggambarkan seorang ayah yang penuh perjuangan dalam mengarungi hitam-putihnya kehidupan. Ini penggalan lirik lagu Titip Rindu Buat Ayah milik Ebiet G. Ade.

Engkau telah mengerti hitam dan merah jalan ini
Keriput tulang pipimu gambaran perjuangan
Bahumu yang dulu kekar, legam terbakar matahari

4. Seventeen – Ayah

Grup musik Seventeen juga memiliki lagu bertemakan sosok ayah. Lagu bertajuk Ayah ini mempunyai lirik dan nada yang sangat menyentuh hati. Ini adalah lagu yang berkisah tentang semua hal yang telah dilakukan seorang ayah kepada anaknya. Berikut penggalan lirik lagu Ayah milik Seventeen.

Engkaulah nafasku
Yang menjaga di dalam hidupku
Kau ajarkan aku menjadi yang terbaik
Kau tak pernah lelah
S’bagai penopang dalam hidupku
Kau berikan aku semua yang terindah

5. Koes Plus – Ayah

Koes Plus menutup kategori ini dengan lagu andalannya berjudul Ayah. Lagu ini diciptakan oleh Tonny Koeswoyo. Lagu ini menampilkan lirik dan irama musik yang sederhana. Berikut sedikit penggalan lirik lagu Ayah dari Koes Plus.

Ayah …
Betapa kuagungkan
Betapa kuharapkan
Ayah …
Betapa kau berpesan
Betapa kau doa kan

(nha)