Film “Avengers: Age of Ultron” rilis hari ini. Bagi penggemar film superhero, tentunya tahu kalau Avengers berisikan superhero handal buatan Marvel, salah satunya adalah Captain America. Di balik sosoknya yang kuat, Captain America ternyata memiliki fakta yang cukup unik. Berikut adalah 5 fakta unik Captain America, seperti dilansir dari Moviexplorerscom, Rabu (22/4/2015).

1. Captain America pernah ganti kostum dan nama

Captain America (Moviexplorers)
Captain America (Moviexplorers)

Captain America dikatakan pernah hilang rasa patriotismenya, dan sempat mengganti nama dan kostumnya sebanyak dua kali. Pada tahun 70-an, Captain America mengganti kostum dan namanya menjadi Nomad. Hal ini merupakan bentuk dari sikap Marvel terhadap skandal Watergate pada saat itu. Lalu pada tahun 90-an, sekali lagi Captain America hilang kepercayaannya terhadap pemerintahan dan menghilangkan simbol patriotisme di namanya. Saat itu Captain America hanya dipanggil dengan sebutan The Captain.

2. Captain America bukan anggota pertama The Avengers

Poster film Captain America: The First Avenger (Moviexplorers)
Poster film Captain America: The First Avenger (Moviexplorers)

Meskipun memiliki judul “Captain America: The First Avenger”, tapi sebenarnya Captain America bukanlah termasuk anggota awal The Avengers. Anggota awalnya adalah Thor, Iron Man, The Hulk, Ant- Man, dan Wasp. Captain America sendiri baru muncul di edisi ke-4. Lebih unik lagi, Ant-Man dan Wasp justru tidak dimasukkan ke dalam film pertama “The Avengers”.

3. Bentuk awal perisai Captain america

Perisai awal Captain America (Moviexplorers)
Perisai awal Captain America (Moviexplorers)

Bentuk awal dari perisai Captain America tidaklah bulat dan bisa dilempar seperti sekarang, melainkan berbentuk seperti gambar di atas. Bentuk perisai di atas sebenarnya merupakan logo dari Timely Comics, penerbit komik yang menciptakan Captain America sekaligus cikal bakal Marvel.

4. Captain America adalah superhero yang pertama difilmkan

Film pertama Captain America (Moviexplorers)
Film pertama Captain America (Moviexplorers)

Pada tahun 1944, sebuah serial “Captain America” dibuat dengan banyak perubahan-perubahan. Captain America dalam serial ini adalah seorang jaksa wilayah bernama Grant Gardner. Lawannya bernama The Scarab dan memiliki kekasih sekaligus¬†sidekick¬†bernama Gail Richards.

5. Captain America pernah dipercaya menggunakan palu Thor

Captain America memegang palu milik Thor (Moviexplorers)
Captain America memegang palu milik Thor (Moviexplorers)

Captain America adalah salah satu dari sedikit karakter Marvel yang dipercayakan untuk bisa memegan palu milik Thor bernama mjolnir. Seperti diketahui, palu milik Thor itu tidak bisa dipegang oleh orang sembarangan dan hanya orang terpilih saja yang bisa menggunakannya. (tom)