Hari Bumi atau lazim juga dikenal dengan sebutan â??Earth Dayâ?, diperingati pada tanggal 22 April setiap tahun. Hari Bumi adalah sebuah hari peringatan internasional yang dikoordinasi oleh sebuah badan internasional yang bernama Earth Day Network yang bertujuan untuk menunjukkan dukungan dan meningkatkan kesadaran terhadap perlindungan lingkungan hidup. Berikut adalah 5 fakta di balik perayaan Hari Bumi, dilansir dari Banghencom, Rabu (22/4/2015).

1. Alasan Hari Bumi diperingati tiap tanggal 22 April

Hari Bumi (Especially Moment)
Hari Bumi (Especially Moment)

Konon katanya 22 April dipilih karena itu adalah hari lahirnya Vladimir Lenin, pendiri negara Uni Soviet. Dari tulisan Alexander Marriot di Capitalism Magazine, dapat dipahami bahwa salah satu sisi tujuan filosofis Hari Bumi adalah perlawanan terhadap kapitalis yang mengeruk sumber daya alam sehingga membuat lingkungan hidup dan alam menjadi rusak. Namun Kathleen Rogers memiliki pendapat berbeda. Dia mengatakan bahwa 22 April tersebut dipilih karena pada saat itu (tahun 1970) adalah waktu yang sangat tepat. Pada saat itu bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara), sedangkan belahan bumi selatan mengalami musim gugur. Sehingga sangat tepat untuk menggerakkan orang-orang, terutama mahasiswa ikut serta.

2. Bendera Hari Bumi

Bendera Hari Bumi (Banghen)
Bendera Hari Bumi (Banghen)

Hari Bumi ternyata memiliki bendera sendiri. Namanya â??Earth Day Flagâ?. Bendera Hari Bumi ini dibuat oleh John McConnell. Beliau adalah seorang aktivis perdamaian. Kamu bisa lihat benderanya pada gambar di atas.

3. Perubahan nama Earth Day

Perubahan nama Earth Day (Act Land Care)
Perubahan nama Earth Day (Act Land Care)

Pada tahun 2009, PBB mengubah nama â??Earth Dayâ? menjadi â??International Mother Earth Dayâ??. Nama ini tidak populer, baik di Amerika Serikat maupun di seluruh dunia, karena dinilai terlalu panjang dan tidak praktis. Hingga kini, nama yang populer sekaligus singkat adalah “Earth Day”.

4. Disney rilis film peringati Hari Bumi

Film Earth buatan Disney (Ecorazzi)
Film Earth buatan Disney (Ecorazzi)

Walt Disney merilis sebuah film dokumenter yang berjudul â??Earthâ? pada peringatan Hari Bumi tahun 2009. Film dokumenter ini adalah salah satu dokumenter terbaik yang pernah dibuat. Kemudian lanjutan dari “Earth” juga dibuat dengan judul “Oceans”. Sukses dengan dua film dokumenter di atas, pada Hari Bumi tahun 2014 Disney kembali merilis sebuah film yang berjudul â??Bearsâ? yang menceritakan kehidupan keluarga beruang yang lucu.

5. Perayaan Hari Bumi di Tiongkok

Karikatur perayaan Hari Bumi di Tiongkok (Banghen)
Karikatur perayaan Hari Bumi di Tiongkok (Banghen)

Hari Bumi tahun 2012 di Tiongkok dirayakan oleh 100 ribu orang dengan mengendarai sepeda, sebagai gerakan hemat bahan bakar dan mengurangi emisi CO2 dari kendaraan. Sementara itu, muncul gerakan Anti Earth Day yang para aktivisnya mengkritik perayaan Hari Bumi di Tiongkok. Mereka berpendapat kalau Hari Bumi di Tiongkok sama sekali tidak mencerminkan gerakan cinta lingkungan hidup. Gambar karikaturnya bisa kamu lihat di atas. (tom)