Lukisan termahal di dunia

Lukisan adalah seni gambar yang pengerjaannya dibuat di atas kain vas dengan memakai cat. Bagi kamu pecinta lukisan, pasti akan tertarik jika melihat berbagai lukisan berikut.

Tak hanya indah, lukisan-lukisan di bawah ini pun mempuyai nilai jual yang terbilang fantastis. Nilai dari lukisan-lukisan ini mencapai angka ratusan juta dolar. Wow! Sangat mahal bukan. Inilah 5 lukisan termahal di dunia versi JadiBerita.

1. The Card Players

The Card Players (merdeka)
The Card Players (merdeka)

The Card Players berhasil menjadi satu-satunya lukisan termahal di dunia. Lantas, berapakah nilai jual lukisan karya Paul Cezanne ini? Lukisan yang menampilkan dua orang pria dewasa sedang bermain kartu ini dihargai 250-300 juta dolar. Cezanne membuat lukisan ini dengan mengusung gaya post-impresionis.

2. No. 5, 1948

No. 5, 1948 (merdeka)
No. 5, 1948 (merdeka)

Di urutan dua, gambar yang dibuat oleh Jackson Pollock juga menjadi salah satu lukisan paling mahal di muka bumi. Bayangkan saja, lukisan yang diberi nama No 5 ini memiliki nilai jual seharga 140 juta dolar. Pollock membuat lukisan ini pada papan fiber berukuran 4×8 dengan nuansa warna coklat, abu-abu, dan kuning. David Martinez adalah pria yang membeli lukisan No 5 pada tahun 2006.

3. Woman III

Woman III (merdeka)
Woman III (merdeka)

Posisi tiga ada sebuah karya indah yang bertajuk Woman III. Lukisan yang menggambarkan sosok wanita ini merupakan buatan Willem de Kooning. Untuk harganya, Woman III mencapai angka 137,5 dolar. Lukisan cat minyak ini mulanya dimiliki museum di Teheran sampai tahun 1994. Bahkan, lukisan ini pernah dilarang untuk dipertontonkan kepada pengunjung karena ketatnya peraturan terhadap seni visual yang diterapkan pemerintah setelah revolusi tahun 1979.

4. Le Rve

Le Rve (merdeka)
Le Rve (merdeka)

Le Rve pun seolah unjuk gigi dalam soal harga lukisan termahal di dunia. Karya dari Picasso ini bertengger di peringkat empat dengan nilai 155 juta dolar. Le Rve yang dibuat pada tahun 1932 ini menggambarkan sosok wanita bernama Marie-Therese Walter, yang merupakan simpanan Picasso yang kala itu beru berusia 22 tahun. Lukisan ini menjadi kontroveri lantaran makna erotis yang terkandung di dalamnya.

5. Portrait of Adele Bloch-Bauer I

Portrait of Adele Bloch-Bauer I (merdeka)
Portrait of Adele Bloch-Bauer I (merdeka)

Di posisi kelima, Potret Adele Bloch-Bauer I yang tak lain adalah karya Gustav Klimt juga menjadi lukisan termahal di dunia. Lukisan yang dilukis pada tahun 1907 dijual seharga 135 juta dolar oleh Ronald Lauder. Demi menyelesaikan lukisan ini, Klimt butuh waktu hingga tiga tahun. Lukisan ini dibuat cat minyak, emas, dan perak. Model dalam lukisan ini adalah istri Ferdinand Bloch-Bauer, Adele Bloch-Bauer.

(nha)