Becak merupakan angkutan tradisional ini yang saat ini secara perlahan-lahan mulai terabaikan dan digantikan oleh angkutan bermotor. Lalu, tahukan kamu bahwa becak di Indonesia memiliki berbagai bentuk? Nah, berikut ini adalah berbagai bentuk becak di nusantara versi JadiBerita:

1. Becak Jawa

300px-Becak_Bogor
Becak Jawa (wikimedia.org)

Becak Jawa merupakan becak yang pada umumnya sering kita lihat. Becak dengan pengemudi berada di belakang kursi penunmpang menggunakan sepeda dan kursi penumpang dapat ditumpangi oleh sedikitnya dua orang.

2. Becak siantar, Sumatera

Becaksiantar1
Becak Siantar (wikimedia.org)

Berbeda dengan becak pada umumnya, Becak Siantar (BSA) ini dikemudikan menggunakan motor yang terletak di sebelah kanan kursi penumpang. Becak ini ditarik menggunakan motor tua bermesin 350-500 cc. Becak ini banyak yang menggunakan sepeda motor buatan Inggris produksi tahun 1941, 1948 dan 1952. Namun saat ini, Becak Siantar sudah jarang ditemui bahkan sudah masuk ke dalam benda-benda peninggalan bersejarah.

3. Becak dayung, Sumatera

330px-Becakdayung3
Becak Dayung (wikimedia.org)

Becak dayung yang banyak ditemui di Medan, Sumatera Utara ini sama seperti Becak Siantar. Tetapi, becak dayung menggunakan sepeda dan mengandalkan tenaga manusia untuk mengayuhnya. Becak seperti ini juga dapat ditemui di Singapura dan Malaysia.

4. Bentor, Kalimantan

450px-Bentor4
Bentor (wikimedia.org)

Bentor atau becak motor merupakan kendaraan khas masyarakat Gorontalo. Sesuai namanya, becak di Gorontalo ini menggunakan tenaga mesin sepada motor yang terletak di belakang kursi penumpang. Sepeda motor yang digunakan adalah jenis bebek. Uniknya, bentor ini dapat ditumpangi hingga 5 orang, lho.

5. Becak Makassar, Sulawesi

Becakmakassar
Becak Makassar (wikimedia.org)

Becak Makassar berbeda dengan becak pada umumnya yang bisa ditumpangi oleh sedikitnya dua orang. Namun, becak ini justru hanya bisa ditumpangi seorang saja. Di Makassar, Perhimpunan Hotel dan Terstoran Indonesia (PHRI) melakukan penyuluhan kepada para pengemudi becak mengenai pelatihan tata krama dan tata cara berkonumikasi dalam melayani wisatawan. Hal tersebut guna menarik wisatawan manca negara.

(anb)