Tidak hanya di luar negeri, Indonesia juga memiliki banyak sekali benteng yang berdiri dengan kokohnya meski telah berusia puluhan bahkan ratusan tahun lamanya. Dahulu, benteng-benteng tersebut dibuat oleh kerajaan ataupun para penjajah yang datang sebagai bangunan pertahanan. Berikut adalah benteng-benteng tertua di Indonesia versi JadiBerita:

1. Benteng Fort Rotterdam, Makassar

Benteng Fort Rotterdam (kompas.com)

Benteng ini merupakan peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo dan menjadi benteng tertua di bumi Indonesia, karena dibangun pada tahun 1545 oleh Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapaâ??risiâ?? Kallona, raja Gowa ke-9. Benteng yang berada di pinggir pantai bagian barat Kota Makassar ini awalnya berbahan dasar tanah liat. Kemudian,  oleh Sultan Alauddin, raja Gowa ke-14 konstruksi bangunan ini diganti menggunakan batu padas. Benteng yang berbentuk seperti penyu yang hendak merangkak turun kelautan ini memiliki nama asli Benteng Ujung Pandang.

2. benteng portugis, Jepara

Benteng Portugis (wikimedia.org)

Terletak di Desa Banyumanis, Jepara, Jawa Tengah, benteng ini diperkirakan dibangun oleh Pemerintah Mataram pada tahun 1613-1645 sebagai pusat pertahanan untuk menghalau musuh yang datang dari Laut Jawa. Benteng tersebut berdekatan dengan Pulau Mandalika dan kini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Jepara.

3. Benteng marlborough, Bengkulu

Benteng Fort Marlborough (kotawisataindonesia.com)

Benteng Marlborough merupakan benteng peninggalan Inggris yang berada di Bengkulu. Di bawah pimpinan Gubernur Joseph Callet, benteng ini dibangun oleh East India Company (EIC) pada tahun 1713-1719. Benteng Inggris terkuat kedua di wilayah Timur ini berdiri di atas bukit buatan dengan menghadapke Kota Bengkulu dan memunggungi Samudera Hindia.

4. Benteng vastenbUrg, surakarta

Benteng Vastenburg (surakarta.go.id)

Belanda memberikan peninggalan Benteng Vastenburg di kawasan Gladak, Surakarta. Di bawah pimpinan Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff, benteng ini dibangun pada tahun 1745, yang berfungsi untuk mengawasi gerak-gerik Keraton Kasunanan. Benteng ini memiliki bentuk bujur sangkar yang setiap ujungnya memiliki penonjolan ruang yang disebut seleka atau bastion.

5. Benteng van der wijck, Gombong

Benteng Van Der Wijck (kebumenkab.go.id)

Benteng Van Der Wijck berdiri pada abad 18, yang terletak di derah Gombong, Jawa Tengah. Benteng yang merupakan perahanan Hindia-Belada ini dibangun oleh komandan yang kemungkinan memiliki nama Van Der Wijck.

(anb)