Bilu Mela, Animasi Indonesia yang Siap Mendunia


Bicara mengenai film animasi, tentunya tidak salah jika orang menyebut film animasi buatan Disney atau Pixar sebagai jagonya. Meski demikian, Indonesia pun ternyata tidak kalah dalam urusan animasi. Hal ini terbukti dengan banyaknya animator Indonesia yang bekerja di industri film Hollywood, dan juga ada beberapa animasi buatan Indonesia seperti “Adit & Sopo Jarwo”.

Selain “Adit & Sopo Jarwo”, ada lagi satu film animasi buatan Indonesia yang cukup diakui dunia, yaitu “Bilu Mela”. Dikatakan siap mendunia karena animasi “Bilu Mela” yang tercatat lisensinya sudah dibeli 5 negara, termasuk diantaranya jaringan Encripta Brasil dan jaringan Al Jazeera TV.

“Bilu Mela” sendiri merupakan karakter ciptaan Fajar Nuswantoro, pria lulusan IKJ yang sempat bekerja selama delapan tahun di televisi nasional. Bilu dan Mela adalah dua ikan yang hidup dalam dua akuarium yang berbeda.

“Tadinya ingin membuat karakter kembar. Karakter yang selalu hidup bersama, mempunyai karakter yang berlawanan, sering berantem, tapi tetap saling membutuhkan dan menyayangi satu sama lain,” ucap Fajar beberapa waktu lalu, dikutip dari Kapanlagicom, Senin (27/4/2015).

“Akhirnya muncul lah karakter ikan. Ikan dipilih karena mempunyai alam yang berbeda dengan manusia. Dia juga punya aturan hidup sendiri. Diharapkan hal ini menimbulkan banyak kisah yang belum diketahui oleh manusia,” kata Fajar menambahkan.

Memang, sejak awal Fajar menciptakan film animasi “Bilu Mela” tanpa dialog. Hal itu dikarenakan agar animasi tersebut bisa dijual ke pasar internasional dan bisa diterima oleh anak-anak di seluruh dunia.

Beruntungnya, distributor dari Irlandia, bernama Monster Entertainment, tertarik dengan konsep “Bilu Mela”. Mereka bersedia bekerja sama untuk mendistribusikan “Bilu Mela” ke seluruh dunia. “Paling tidak ini bisa menumbuhkan kepercayaan diri bagi masyarakat Indonesia bahwa kita bisa bersaing di level dunia,” tutup Fajar.

Kini terbukti kalau animasi Indonesia tidak kalah dengan animasi sekelas Disney. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak