5 Manfaat Jengkol yang Belum Kamu Tahu


Tentunya kamu tahu apa itu jengkol. Makanan yang satu ini memang bisa dibilang merupakan makanan khas Indonesia. Meski demikian, masih banyak orang Indonesia yang ingin menghindari makanan tersebut karena tidak ingin bau mulut. Padahal di dalam jengkol terdapat banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah 5 manfaat jengkol yang belum kamu ketahui, seperti dilansir dari Kaskus, Senin (27/4/2015).

1. Mencegah Anemia

Anemia (Myblogtimes)
Anemia (Myblogtimes)

Jengkol juga kaya akan zat besi di mana zat besi ini sangat berperan untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Bila tubuh kekurangan zat besi, produksi sel-sel darah merah akan berkurang. Akibatnya suplai oksigen dan zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh seluruh sel dalam tubuh juga akan berkurang. Efek dari kurangnya suplai oksigen dan zat-zat makanan pada sel akan menurunkan kinerja sel. Tak heran jika seseorang mengalami kekurangan zat besi, ia akan terlihat lemas, mudah lelah, dan tidak bersemangat.

2. Memperkuat Tulang dan Gigi

Lansia sehat (Dunia Fitnes)
Lansia sehat (Dunia Fitnes)

Selain zat besi dan protein, kandungan zat lain yang ada di dalam jengkol adalah kalsium dan fosfor. Dua zat ini adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dan fosfor dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Jadi, sering mengkonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup dapat membuat tulang pada tubuhmu menjadi lebih kuat.

3. Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Ilustrasi penyakit jantung (Konsultasi)
Ilustrasi penyakit jantung (Konsultasi)

Jengkol merupakan bahan makanan yang bersifat diuretic (pembuangan urine menjadi lancar). Pembuangan urine yang lancar sangat baik untuk para penderita penyakit jantung.

4. Mencegah Diabetes

Ilustrasi diabetes (JYI)
Ilustrasi diabetes (JYI)

Jengkol dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Hanya saja jengkol tidak boleh dikonsumsi berlebihan, karena bisa menimbulkan efek samping yang tentunya buruk untuk tubuh.

5. Menstabilkan Organ-organ Penting dalam Tubuh

Organ manusia (Gond3s)
Organ manusia (Gond3s)

Organ-organ penting dalam tubuh akan berfungsi dengan baik dan stabil bila tubuh terpenuhi kebutuhan asam folat dan vitamin B6. Berbeda situasinya jika tubuh kekurangan asam folat dan vitamin B6. Salah satu contoh makanan yang kaya akan asam folat adalah jengkol. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak