Sungai sebagai kekayaan alam memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau yang memiliki ratusan sungai yang membentang di wilayah bumi Indonesia baik yang berukuran kecil maupun besar. Dari sekian banyaknya sungai-sungai tersebut, inilah sungai-sungai terpanjang di Indonesia versi JadiBerita:

1. Sungai kapuas

Sungai Kapuas (detik.com)

Sungai yang berada di Kalimantan Barat ini diberikan predikat sebagai sungai terpanjang di Kalimantan dan Indonesia. Dengan panjang aliran sungai yang mencapai 1.178 km, sungai ini berakhir di Selat Karimata dan Pengunungan Muller sebagai hulunya. Di sungai ini terdapat 700 jenis ikan, 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah.

2. Sungai mahakam

Sungai Mahakam (indonesiakarya.com)
Sungai Mahakam dari atas perahu (tempo.co)

Sungai Mahakam yang terletak di Kalimantan Timur memiliki panjang sungai 920 km dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Indonesia. Bagian hulu sungai ini terdapat di wilayah Kabupaten Kuta Barat, sedangkan bagian hilir berada di Selat Makassar.

3. Sungai barito

Sungai Barito (flickr.com)
Pasar Terapung Sungai Barito (petra.ac.id)

Masih di Kalimantan, Sungai Barito ini membentang antara Provinsi Kalimantan Tengah sampai Provinsi Kalimantan Selatan dengan panjang sungai yang mencapai 909 km. Sama seperti Sungai Kapuas, aliran sungai ini berasal dari Pegunungan Muller, namun bermuara di Laut Jawa. Di sungai ini terdapat pasar terapung, yang menjadi wisata andalan Kota Banjarmasin. Kalau ingin mengunjungi pasar terapung ini, kamu harus tahu waktu mulai beroperasinya pasar ini. Pasar Terapung Sungai Barito ini mulai pukul 06.30 sampai 08.00 WITA.

4. Sungai batanghari

Sungai Batanghari (kompasiana.com)

Beralih ke Pulau Sumatera, sungai terpanjang yang menempati urutan keempat adalah Sungai Batanghari atau Sungai Hari yang membentang antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. Dengan panjang sungai mencapai 800 km, aliran sungai ini berasal dari Gunung Rasan dan bermuara di Muara Sabak, bagian Timur Pulau Sumatera.

5. Sungai musi

Sungai Musi (berbagai sumber)
Sungai Musi dari atas perahu (bimoz.com)

Sungai yang berada di Sumatera Selatan ini memiliki panjang 750 km dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Di atas Sungai Musi, terdapat sebuah jembatan yang menjadi ikon Kota Palembang bernama Jembatan Ampera.

(anb)