Saat ini gadget touchscreen atau layar sentuh sedang mencapai puncak kejayaannya. Semua orang hampir mendewakan gadget canggih ini, apalagi kalau gadget tersebut berbasis Android. Apakah kamu salah satu pemilik gadget tersebut? Lalu, sadarkah kalian kalau gadget layar sentuh rentan terhadap kerusakan? Agar gadget layar sentuhmu tahan lama, berikut JadiBerita akan memberikanmu tips untuk dapat merawat gadget layar sentuh kesayanganmu:

1. Lapisi Layar Sentuh dengan screen protector atau anti gores

Dengan melapisi gadget layar sentuhmu dengan anti gores membantumu untuk memperpanjang usia layar gadgetmu agar terhindar dari goresan. Saat pertama kali membeli, sebaiknya langsung lapisi gadgetmu dengan anti gores.

2. Gunakan case untuk gadgetmu

Sama dengan melapisi gadgetmu dengan anti gores, menggunakan case untuk gadgetmu juga sama pentingnya. Case berguna untuk melindungi body gadgetmu dari goresan kecil hingga besar. Usahakan untuk menggunakan case berbahan karet atau yang dikenal dengan nama silikon, ya. Karena kalau kamu menggunakan case berbahan material keras yang mudah pecah, case tersebut tidak akan lama bisa menjaga gadgetmu. Usahakan juga untuk menggunakan case model flip.

3. Kurangi brightness

Mengurangi brigtness atau tingkat kecerahan layar gadget berguna untuk menstabilkan suhu gadgetmu yang berasal dari internal. Dengan tingkat kecerahan gadget yang rendah, gadgetmu tidak akan mudah panas.

4. Hati-hati ketika mengisi daya

Banyak orang yang menyepelekan urusan mengisi daya. Kamu jangan pernah mengisi daya gadgetmu sambil memainkannya, hal itu akan membuat mesin gadgetmu panas dan memicu kerusakan. Selain itu, jangan mengisi daya dalam waktu yang terlalu lama dan lebih dari 6 jam. Tidak sedikit orang yang mengisi daya gadgetnya, lalu ditinggal tidur. Kalau hal tersebut sering dilakukan akan membuat baterai gadgetmu bocor.

5. Hindari gadget layar sentuh dari sinar matahari

Kalau pada poin ketiga panasnya gadgetmu berasal dari gadget itu sendiri, nah pada poin ini, penyebab panasnya gadget berasal dari luar, yakni sinar matahari. Jangan berlama-lama memainkan gadgetmu di bawah sinar matahari, ya.

(anb)