robot pintar sedunia (detik)

Robot adalah suatu perangkat mekanik yang dapat menjalankan tugas-tugas fisik, baik di bawah kendali dan pengawasan manusia maupun yang dijalankan dengan serangkaian program canggih buatan. Robot memiliki 7 macam konstruksi di antaranya Robot Mobile (bergerak), Robot Manipulator (tangan), Robot Humanoid, Flying Robot, Robot Berkaki, Robot jaringan, dan Robot Animalia.

Umumnya, robot diperintah untuk melakukan tugas berat, bahaya, pekerjaan berulang dan kotor. Namun, di zaman modern seperti sekarang robot diciptakan dengan berbagai bentuk dengan dibekali kepintaran yang setara dengan manusia. Wow hebat bukan!

Ada beberapa robot yang diklaim terpintar sedunia. Siapa sajakah mereka? Inilah 5 robot paling pintar di dunia versi JadiBerita.

1. Yurina

Yurina (detik)
Yurina (detik)

Robot bernama Yurina diklaim paling pintar sedunia lho. Mau tau kepintarannya Yurina apa? Ternyata, robot ini bisa membantu para manula. Robot yang dirancang oleh Logic Machine kerap dipakai di rumah sakit Osaka untuk mengangkut pasien ke tempat lain serta membantu pasien mandi dan mengganti popok. Yurina bisa diperintah dengan suara ataupun layar sentuh

2. Topio

Topio (detik)
Topio (detik)

Selanjutnya, Topio juga menjadi robot terpintar di dunia. Robot ini dapat berperan sebagai atlet ping pong handal lho. Bahkan, ia bisa menjadi lawan tangguh bermain ping pong. Saking jagonya main ping pong, robot Topio sulit untuk dikalahkan. Topio adalah singkatan dari Tosy Ping Pong Playing Robot. Robot Topio sendiri berasal dari Jepang.

3. Violin

Violin Robot (detik)
Violin Robot (detik)

Robot yang dibuat oleh produsen mobil asal Jepang, Toyota ini juga termasuk robot paling pintar sedunia. Nama robot ini adalah Violin. Robot canggih ini memiliki kecerdasan yakni mahir bermain biola. Layaknya manusia, Violin sangat piawai menggerakkan tangannya dalam menggesek biola. Tak hanya pintar memainkan biola, Violin juga bisa berjalan tegak dan memberikan salam berupa lambaian tangan kepada para penonton yang melihatnya.

4. Murata

Murata (detik)
Murata (detik)

Di urutan ke empat, Murata ikut hadir sebagai robot terpintar sedunia. Robot asal Jepang ini dibuat oleh Murata Manufacturing. Jika dilihat sekilas, penampakan Murata mirip anak kecil. Kepintaran Murata sendiri adalah mampu mengendalikan sepeda roda satu ke arah depan dan belakang. Ia dibekali alat sensor untuk menjaga keseimbangan tubuhnya.

5. Asimo

Asimo (detik)
Asimo (detik)

Menutup kategori robot pintar sedunia, Asimo pun menunjukkan kepandaiannya dengan dapat berjalan dengan kedua kakinya. Bukan hanya itu saja, Asimo bisa mengenali obyek bergerak, suara dan wajah manusia. Matanya yang berupa dua buah kamera dirancang untuk mendeteksi lingkungan serta menentukan jarak atau arah ke suatu tempat. Asimo juga mampu mengikuti seseorang dan mengintrepretasi perintah suara serta gerakan tangan. Nama Asimo adalah kependekan dari Advanced Step in Innovative Mobility.

(nha)