Alam selalu menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Seperti yang berhasil diabadikan oleh fotografer asal Finlandia bernama Mikko Lagerstedt. Dia berhasil menangkap pemandangan langit malam yang luar biasa. Sekilas akan tampak seperti Bima Sakti atau peristiwa aurora yang dapat dilihat dengan mata.

Dilansir dari My Modern Metropolis, Kamis (30/4/2015), teknik fotografi tersebut bernama ‘astrophotography’. “Cuaca, waktu dan fase lunar membuat sulit memprediksi hasil fotonya,” ungkapnya.

Setiap kali memotret selalu ada misteri di dalamnya. “Saya mengambil eksposur yang panjang tapi saya sendiri tidak tahu bagaimana dengan hasil fotonya. Ini adalah salah satu yang mengilhami saya untk mengambil foto malam dan cahaya bintang-bintang,” kata Lagerstedt.

Ia pun mengaku belajar fotografi secara dadakan. Sejak tahun 2008 lalu, ia memotret setiap hari di musim panas. “Setelah hari hujan, matahari akan bersinar dan kabut akan naik di ladang. Aku harus berhenti dan melihat pemandangan yang indah itu,” ujarnya.

Sejak itu, Lagerstedt selalu memotret pemandangan indah tersebut dan tidak pernah berhenti di banyak momen. Hingga akhirnya dia pun mulai memotret saat malam yang cerah, dimana bertabur banyak bintang.

Penasaran seperti apa hasil jepretan dari Mikko Lagerstedt? Kamu bisa lihat foto-fotonya di bawah ini, yang diambil dari situs pribadinya mikkolagerstedt.com. (tom)