Istana. Apa yang akan kamu pikirkan saat mendengar kata itu? Bangunan besar nan mewah yang memiliki arsitektur Eropa? Ternyata Indonesia juga memiliki beberapa istana, lho. Dan kali ini JadiBerita akan merangkum beberapa istana termegah di Indonesia:

1. Istano Basa

Istano Basa (kompasiana.com)

Istano Basa atau lebih sering disebut dengan nama Istana Pagaruyung berada di kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar, Batusangkar, Sumatera Barat. Istana ini merupakan salah satu wisata yang paling ramai dikunjungi di kota tersebut. Namun, Istano Basa yang saat ini berdiri merupakan replika atau tiruan dari yang asli. Istano Basa yang asli berada di atas bukit Batu Patah dan telah habis terbakar saat terjadi kerusuhan pada tahun 1804. Istana tersebut kembali dibangun, namun kembali terbakar pula pada tahun 1966.

2. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan (berbagai sumber)

Keraton Kesepuhan yang terletak di Cirebon merupakan keraton termegah dan paling terawat di kotanya. Halaman depan Keraton Kesepuhan dikelilingi oleh tembok bata merah yang terdapat pendopo di dalamnya. Di keraton ini, terdapat berbagai bendaa pusaka dan koleksi kerajaan, salah satunya yang paling dikeramatkan adalah Kereta Singa Barong, yang akan selalu dimandikan setiap tanggal 1 Syawal.

3. Kotagede Yogyakarta

Kotagede (purima.co.id)

Kotagede atau bisa juga disebut Kutagede berada di salah satu kecamatan di Yogyakarta. Nama Kotagede sendiri di ambil dari nama kawasan Kota Lama Kotagede, yang terletak di perbatasan kecamatan ini dengan Kabupaten Bantul di sebelah selatan.

4. Istana Maimun

Istana Maimun (berbagai sumber)

Kembali lagi ke Pulau Sumatera, istana termegah selanjutnya berada di Medan Maimun, Medan, Sumatera Utara dengan luas 2.772 meter persegi dan memiliki 30 ruangan. Istana ini merupakan salah satu ikon Kota Medan. Bangunan yang didesain oleh arsitek Italia ini dibangun oleh Sultan Deli, Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada tahun 1888. Bangunan ini memadukan unsur warisan kebudayaan Melayu bergaya Islam, Spanyol, India dan Italia.

5. Istana Siak Sri Inderapura

Istana Siak Sri Inderapura (travelpod.com)hag

Istana yang dibangun pada tahun 1889 ini merupakan kediaman resmi Sultan Siak. Istana Siak Sri Inderapura dibangun pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hakim. Kini, istana megah ini dijuluki Istana Matahari Timur.

(anb)