Thor, salah satu anggota The Avengers punya senjata andalan mematikan berupa palu yang bernama Mjolnir.  Hanya Thor saja yang mampu mengangkat palu itu. Tim Avenger yang lain seperti Iron Man, James Rhode, dan Captain America yang juga punya kekuatan super tak mampu mencabutnya.

Dalam komik Marvel dan film live action Thor, palu milik Thor tersebut ditempa di dalam inti bintang mati (beberapa ada yang berkata ditempa dari bintang mati) dan memiliki unsur logam bernama Uru yang hanya ditemukan di Asgard. Karena itulah, palu itu memiliki berat yang tak mungkin bisa diangkat oleh manusia biasa. Namun seberapa beratkah palu itu?

Logam Uru sendiri memiliki berat hanya 42,3 pounds atau sekitar 19,187 kg. Dengan berat hanya segitu, tentu saja mudah untuk mengangkatnya. Tetapi sang prajurit super, Captain America, kewalahan dan tidak bisa mengangkatnya. Apakah benar beratnya 19 kg?

Menurut sumber lain, Mjolnir terbuat dari bintang mati yang notabene memiliki dua kali massa matahari lalu disatukan menjadi sebuah palu. Sehingga berat palu Thor adalah 10.000.000.000.000.000.000.000.000 pounds atau sekitar 4.634.850.000.000.000 kg. Dengan demikian wajar jika tak ada manusia biasa yang bisa mengangkatnya.

Jika memang benar Mjolnir terbuat dari bintang mati, maka bisa dibilang Thor adalah superhero terkuat secara fisik yang pernah ada.

Setelah mengetahui berat dari palu Thor, sebuah video di Youtube melakukan sebuah eksperimen. Video itu ingin menunjukkan apakah ada manusia yang sanggup mengangkat palu Thor tersebut. Tentu saja palu Thor yang ada di dalam video itu bukanlah palu asli, melainkan palu buatan, yang telah ditempel di sebuah jalan dengan menggunakan lem yang sangat kuat.

Mampukah salah satu orang dari video itu mengangkatnya? Tonton saja langsung videonya di atas. (tom)