Cokelat merupakan salah satu makanan yang paling disukai oleh semua kalangan. Tidak jarang pula, cokelat menjadi oleh-oleh yang kerap kali dibawa pulang ketika berkunjung ke suatu negara. Bahkan, beberapa negara menjadikan cokelat sebagai ikon negaranya. Dikutip dari detik.com, berikut ini adalah negara penghasil cokelat paling enak:

1. Swiss

Swiss (swisswatchwire.com)

Swiss punya sejarah yang panjang dalam produksi cokelat. Bahkan, cokelat hasil usaha kecil rumahan pun terkenal sangat nikmat. Hal ini juga karena orang Swiss mengonsumsi cokelat lebih banyak dari penduduk negara mana pun di dunia. Kota di Swiss yang terkenal dengan cokelatnya adalah Zurich. Bahkan, udara di kota ini memiliki aroma cokelat, lho. Di sepanjang jalan, berjejer toko kue dengan olahan cokelat yang sangat nikmat. Negara Swiss terkenal dengan merk-merk seperti Sprungli, Lindt, dan Teuscher.

2. Belgia

Toko Cokelat di Belgia (chocolatemonggo.com)

Belgia memiliki 6 pabrik cokelat ternama, bahkan Belgia juga memiliki 16 museum cokelat! Setiap kota di negara ini memiliki satu toko cokelat yang besar. Perdesaan di negara ini juga terkenal sebagai penghasil cokelat yang sangat nikmat. Berbagai penjuru di negara ini memiliki beragam rasa cokelat yang nikmat. Cokelat ternama Godiva dan Leonidas dihasilkan di Brussels.

3. Spanyol

Spanyol (1dasio.com)

Tiga kota yang identik dengan cokelat adalah Barcelona, La Villajoyosa, dan Alicante. Di Barcelona, Anda bisa mencicipi cokelat terbaik khas Spanyol di Chocolates Amatller dan Chocolate a la Taza. Jangan lupa berkunjung ke Museo de La Xocolata, museum cokelat dengan patung-patung dan berbagai karya seni dari cokelat.

Pabrik cokelat tertua di negara ini ada di La Villajoyosa. Di sinilah Anda bisa menemukan cokelat dengan merek Valor yang terkenal di seluruh dunia.

4. Prancis

Menara Eiffel di Prancis (sebelasmaret.com)

Sejak dulu, cokelat erat hubungannya dengan romantisme. Oleh karena itulah, Prancis sebagai salah satu negara paling romantis di dunia juga menjadi negara pengolah cokelat terbaik. Tain L’Hermitage adalah kota kecil yang terkenal sebagai penghasil cokelat, letaknya tak jauh dari Lyon. Kota ini terkenal dengan merk Valrhona, penghasil cokelat Prancis yang mahal dan terkenal kelezatannya.

Selain pabrik cokelat, Valrhona juga punya sebuah sekolah yang menghasilkan para koki profesional dan chocolatiers. Anda juga bisa mengikuti kursus singkat membuat dessert dari cokelat. Harganya US$ 1.000 (sekitar Rp 8,5 juta) untuk tiga hari kursus.

5. Amerika Serikat

Patung Liberty dan Bendera Amerika Serikat (saripedia.com)

Lebih tepatnya San Francisco, satu-satunya kota non-Eropa yang terkenal dengan produksi cokelat ternikmat di dunia. Kota ini merupakan rumah bagi pabrik cokelat terkenal Ghirardelli, yang dibangun pada 1852. Hingga sekarang, penduduk San Francisco menganggap Ghirardelli sebagai salah satu kebanggaan dan ikon kota mereka.

Pabrik cokelat Ghirardelli menawarkan tur berkeliling gratis 6 kali dalam seminggu. Selain Ghirardelli, terdapat juga beberapa toko bagi para penggila cokelat seperti Michael Recchiuti, XOX Truffle, Richart San Francisco, Cocoa Bella, TCHO, dan Coco-Lux. San Francisco juga merupakan tempat pabrik cokelat terkenal yaitu Scharffen Berger.